Sukses

Sehat dengan Berat Badan Ideal

29 Jan 2015, 15:44 WIB
Wanita, 16 tahun.

dok, bagaimana caranya sehat dengan berat badan ideal?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Berat badan yang naik tidak hanya dipengaruhi oleh asupan tapi juga oleh keluaran. Jika aktivitas Anda rendah maka berat badan Anda juga dapat naik. Proses pertumbuhan biasanya cenderung berkaitan dengan pertambahan tinggi dan berat badan bukan sebaliknya.

Strategi untuk menjaga berat badan ideal adalah dengan kombinasi antara modifikasi diet, aktivitas fisik, kebiasaan dan hindari stress. Diet yang dianjurkan adalah makan yang secukupnya,  kurangi konsumsi makan-makanan yang mengandung karbohidrat dan lemak. Kira-kira karbohidrat yang dikonsumsi  55-65% dari total energi. Buah-buahan, gandum  dan sayuran diperbanyak, dan kurangi konsumsi alkohol.  Sangat dianjurkan untuk melakukan diet rendah lemak, rendah karbohidrat simpleks, tinggi serat, tinggi karbohidrat kompleks, dan protein.

Salah satu faktor yang tidak kalah penting untuk menjaga berat badan ideal adalah meningkatkan aktivitas fisik sehari-hari. Yang terbaik adalah dengan  melakukan olahraga secara teratur dan jangan lupa untuk rajin minum air putih paling tidak 8 gelas setiap harinya. 

Olah raga yang dapat diterapkan yang bersifat aerobik adalah seperti lari, renang, bersepeda ataupun yang bersifat pembentukan seperti sit up, push up, dan latihan beban. Jika Anda melakukannya secara teratur selama 30-60 menit, minimal 3x/minggu, ditunjang dengan pola makan seimbang. Intinya adalah kedisiplinan yang tinggi.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

8 Tips untuk Hidup Sehat

Pola Makan Sehat

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar