Sukses

Vitamin Yang Baik Dikonsumsi Saat Merencanakan Kehamilan

29 Jan 2015, 14:57 WIB
Wanita, 24 tahun.

selamat sore dok, saya mau tanya, saya kan lagi program hamil skg saya lagi minum susu prenagen esensis dan vitamin minyak ikan.. setelah saya baca di internet ternyata ada vit folavit yg bagus asam folatnya, saya mau tanya bolekah saya minum folavit bersamaan dengan vit.minyak ikan? terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kandungan vitamin yang Anda maksud mengandung asam folat. Konsumsi folat dianjurkan bagi wanita yang sedang merencanakan kehamilan karena folat dibutuhkan untuk produksi dan maintenance dari sel yang sedang berkembang. Hal ini memang penting selama periode pertumbuhan sel yang cepat yaitu ketika masa kehamilan. Folat juga dapat mengurangi kejadian kelainan tabung saraf atau kelainan kongenital pada janin. Jadi tujuan folat disini adalah menyediakan nutrisi yang dibutuhkan untuk perkembangan sel janin. Makanlah makanan yang mengandung banyak asam folat.

Minyak ikan mengandung EPA (omega-3 fatty acids eicosapentaenoic acid) dan DHA (docosahexaenoic acid) yang disebutkan dapat mengurangi proses peradangan di tubuh atau disebut sebagai anti-oksidant. Beberapa penyakit yang dapat dicegah adalah kanker, penyakit jantung, darah tinggi, kesehatan mental, psoriasis, lupus dan depresi. Mengenai fungsi untuk menambah kecerdasan anak sejak dalam janin masih sedang diteliti, dan belum ada laporan yang membuktikan. Namun tidak ada salahnya bila anda ingin mengkonsumsi minyak ikan, sebab memang terbukti baik sebagai anti-oksidant. 

Konsumsi asam folat dengan minyak ikan tidak menimbulkan interaksi obat sehingga boleh dikonsumsi berbarengan selama masih dalam dosis yang dianjurkan. Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi lebih lanjut ke dokter spesialis kandungan dan kebidanan dalam merencanakan kehamilan Anda.

Semoga Anda dan pasangan segera dikarunia buah hati.

Berikut kami sertakan pula beberapa artikel yang sekiranya dapat membantu Anda:

 

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (AAS)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar