Sukses

Solusi Bekas Luka dan Flek Hitam

29 Jan 2015, 10:28 WIB
Pria, 20 tahun.

saya mau bertanya gimana mengatasi bekas luka lama dan flek hitam yang bandel dan solusinya giman dokter....?

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Bekas Luka

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Luka seperti apa yang pernah Anda alami dulu? Apakah lukanya dalam? Apakah muncul keloid?

Hal tersebut sangat bergantung pada bekas luka yang terjadi, apakah berupa bekas luka yang menghitam (hiperpigmentasi), menjadi berkas berwarna putih (hipopigmentasi) atau menjadi jaringan berlebih (keloid).

Masing-masing jenis bekas luka memerlukan penanganan yang berbeda-beda. Dasar penanganan bekas luka yang menghitam biasanya menggunakan krim, pengelupasan kulit/chemical peeling, mikrodermabrasi ataupun laser. Beberapa cara tersebut diharapkan dapat menyamarkan, menipiskan, bahkan menghilangkan bekas luka. Penanganan bekas luka yang menghitam ini memang sangat bergantung pada ukuran dari hiperpigmentasi dan sudah berapa lama terjadi.

Bila bekas luka masih baru dan tidak terlalu dalam, Anda dapat mengoleskan krim mengandung hidrokuinon 2% yang dijual di pasaran. Krim hidrokuinon 2% termasuk dalam dosis yang aman, dan penggunaannya harus tepat hanya pada bekas luka saja dan aplikasikan pada malam hari. 

Flek hitam

Flek atau warna kehitaman pada kulit terdiri dari dua macam jenis. Flek atau bekas kehitaman yang berasal dari epidermis, lapisan atas kulit dan flek yang berasal dari dermis, lapisan bawah kulit.

Bekas kehitaman yang berasal dari epiderimis dapat memudar hanya dengan pemberian hidrokuinon 2% (termasuk dalam dosis aman) hanya tepat pada daerah bekas kehitaman atau menggunakan scrub, sebuah produk yang memiliki fungsi untuk mempercepat proses regenerasi kulit dan meluruhkan sel mati penyebab kulit kering dan atau kusam. Scrub digolongkan menjadi 2 bagian besar, mengandung butiran dan tidak mengandung butiran. Mengingat proses alami pergantian kulit terjadi selama 14-21 hari, kami sarankan Anda untuk tidak menggunakan produk ini lebih dari satu kali setiap 2 minggu agar lapisan pelindung kulit tidak terkikis. Selain itu, bekas kehitaman juga dapat disamarkan dengan cara pemberian krim malam yang umumnya mengandung asam retinoat, dan apabila masih ada tanda-tanda peradangan seperti yang Anda alami biasanya akan ditambahkan krim anti radang yang diresepkan oleh Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin. Cara lain yang dapat memudarkan atau bahkan menghilangkan bekas kehitaman yaitu prosedur chemical peeling dan atau mikrodermabrasi. Rangkaian prosedur tersebut (krim malam, chemical peeling, dan mikrodermabrasi) bekerja dengan cara mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga sel-sel kulit baru akan lebih cepat timbul. Jangan lupa menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 untuk melindungi kulit dari paparan UVA dan UVB yang dapat memperburuk kondisi.

Sedangkan flek yang berasal dari lapisan epidermis hanya dapat hilang dengan terapi laser. Berapa kali episode laser yang dibutuhkan tentunya disesuaikan dengan derajat keparahan kondisi masing-masing individu.

Saat ini, tindakan yang dapat Anda lakukan adalah mencegah agar flek tersebut tidak bertambah banyak, dengan cara menggunakan:

  1. Sunblock atau tabir surya. Aplikasikan pada wajah Anda setiap hari untuk membantu mencegah timbulnya bintik hitam akibat sinar matahari. Gunakan tabir surya dengan SPF minimal 30.

  2. Mengkonsumsi vitamin C

Untuk memastikan kondisi kulit dan pilihan terapi terbaik, kami sarankan Anda untuk konsul dengan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin. Kulit Anda akan dianalisa terlebih dahulu seperti kedalaman bekas kehitaman, jenis kulit, dan adanya reaksi alergi. Setelah itu, baru dipilihkan jenis krim, cairan kimia dan tindakan dengan konsentrasi / kekuatan yang sesuai untuk kondisi kulit Anda. Jangan lupa juga untuk menghentikan pemakaian kosmetik Anda.

Berikut adalah artikel yang dapat membantu menjelaskan pertanyaan Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar