Sukses

Batuk Berdarah pada TB Paru

29 Jan 2015, 16:11 WIB
Wanita, 36 tahun.

Selamt siang dokter.seblmnya sy mau cerita Dok.Sy adlh perokok aktif yg sdh hmpir 1 th berhenti.namun berhenti sy mendadak selang bebrp hri sy terkena batuk&suara serak sy berpikir itu bisa.smpi sdh bbrp minggu obat apa aja tdk menyembuhkan penyakit sy smpi ada org bilang bahwa batuk sy jenisnya 100hari.Namun setelah 3bln tdk juga sembuh sy bawa ke dokter paru&kata dokter sy terkena TB paru..kemudian sy terapi smpi 6bln itu saran dokternya.Namun setlh kira2 6 minggu batuk&suara serak sy hilang.sy merasa enakkan sy mencoba berhenti tanpa konsul dgn dokter.krn merasa biayanya juga besar utk terapinya.akhirnya sy berhenti selang bebrp hri batuk&suara serak sy kambuh kembaali.lalu sy putuskan ke dokter umum&sy ceritakan kondisi sy.akhirnya dokter umum tdi memberikan obt yg saama dgn dosis yg sama.setelah sekitar 3 mingguan sy merasa ada dahak ditenggorokkan yg dimana terasa sy ingin sekali batuk.setelah batuk dahakpun keluar,namun sy terkejut ternyata darah yg keluar batuk lagi darah lagi yg keluar&byk.krn panik sy bawabke RS masuk UGD&kata dokter jaga sy tdk apa2.ada kemgkn diparu ada lobang utk sembunyi kuman &disitu bykbpembuluh darah krn pengobatan lobang tdi pecah dan dpt menimbulkan darah itu keluar.pertanyaan sy dok. 1.Apakah yg terjdi dgn saya dok ? 2.Dgn apa yg sy alami apakah itu bahaya ? Mgkn itu dulu dok.semoga ada solusi buat sy.terimksh dojter.Salam kenal.Pipit

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Tuberkulosis (TB) adalah penyakit menular langsung yang disebabkan oleh kuman TB yaitu Mycobacterium tuberculosis. Pada masyarakat awam lebih dikenal sebagai penyakit TBC atau Flek paru. Sebagian besar kuman TB menyerang paru, namun dapat juga mengenai organ tubuh lainnya.

Keluhan Pasien datang dengan batuk berdahak ≥ 2 minggu. Batuk disertai dahak, dapat bercampur darah atau batuk darah. Keluhan dapat disertai sesak napas, nyeri dada atau pleuritic chest pain (bila disertai peradangan selubung paru), badan lemah, nafsu makan menurun, berat badan menurun, malaise, berkeringat malam tanpa kegiatan fisik, dan demam meriang lebih dari 1 bulan.

TB paru dapat disembuhkan, hal ini bergantung pada kepatuhan penderita terhadap pengobatan yang memang berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

Pengobatan TB memang membutuhkan kedisiplinan dan waktu yang panjang. Seseorang dengan TB harus menuntaskan pengobatan yang lama tersebut hingga benar-benar dinyatakan terbebas dari penyakit TB. Lama  pengobatan TB pada penderita dapat berkisar 6- 9 bulan, tergantung dari jenis TB dan respon penderita terhadap pengobatan. Sejauh ini, jenis obat TB yang efektif yaitu Obat Anti Tuberkulosis (OAT) memang kombinasi dari penggunaan empat obat-Rifampisin, INH, Pirazinamid, dan Etambutol, ditambah dengan suntikan Streptomisin pada mereka yang tergolong dalam Penderita TB kategori 2 ( pasien kambuh, gagal ataupun dengan riwayat pengobatan terputus). Pengobatan TB Paru di puskesmas dapat didapatkan secara cuma-cuma (gratis).

Penyakit ini dapat kambuh jika imunitas (daya tahan) tubuh seseorang menurun dan juga orang tersebut menjalankan pola hidup yang tidak sehat.

Pada TB Paru dapat terjadi batuk berdarah atau yang dikenal dalam istilah medis dengan hemoptisis. Batuk darah pada TB Paru terjadi akibat pecahnya pembuluh darah di sekitar kavitas (lobang) yang terjadi akibat kuman TB paru. Batuk berdarah pada TB paru bila terjadi sangat masif (banyak) dapat mengancam nyawa, sehingga dibutuhkan penangana yang cepat dan tepat.

Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi kembali ke dokter paru yang menangani Anda. Pengobatan TB paru memang membutuhkan kesabaran dan membutuhkan dukungan besar dari lingkungan sekitar.

Berikut kami sertakan artikel: Tuberkulosis Paru untuk informasi lengkap Anda.

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat.(AAS)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar