Sukses

Berat Badan dan Kolesterol

29 Jan 2015, 11:39 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok bagaimana Cara menurunkan berat badan dan menurunkan kolertrol ya dok

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Berdasarkan perhitungan indeks massa tubuh Anda atau BMI Anda (dari tinggi badan dan berat badan), BMI Anda sudah tergolong ideal yaitu: 18,8. BMI yang ideal adalah berkisar antara 18 - 22.9. Jika Anda menurunkan berat badan lagi, maka Anda akan tergolong underweight. Kami menganjurkan agar saat ini Anda menjaga pola makan dan gaya hidup yang sehat untuk menjaga agar berat badan Anda tetap ideal. 

Pola makan yang sehat ialah makanan yang mengandung semua unsur gizi seimbang sesuai kebutuhan tubuh, baik protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral dan air. Dimana sumber nutrisinya pun harus dipilih yang sealami mungkin. Makan secara teratur 3 kali sehari dengan gizi seimbang lebih banyak dari biasanya dan ditambah 2 kali makanan kecil (biskuit yang mengandung keju dan susu, minuman yogurt, jus buah). Gizi seimbang adalah susunan hidangan sehari yang mengandung zat gizi (karbohidrat, protein, lemak, vitamin, dan mineral) dalam jumlah dan kualitas yang sesuai dengan kebutuhan tubuh untuk dapat hidup sehat secara optimal.

Tetap usahakan makan 3x sehari hanya saja porsinya yang diatur sesuai dengan kebutuhan kalori Anda. Setiap kali Anda makan ada unsur kabohidrat (roti gandum, kentang), hindari makanan gorengan, minuman dan makanan yang terlalu manis, garam, konsumsi banyak air putih, perbanyak lauk dengan ikan, perbanyak sayur dan buah, hindari makanan dari kaleng atau fast food (sosis, kentang goreng, nugget), hindari jajanan manis (bila lapar, dapat pilih snack berupa buah atau sayur yang manis). Cobalah agar makan pagi Anda selalu disertai oleh buah yang manis. Untuk malam hari hindari makanan yang terlalu besar porsinya. 

Anda dapat melakukan kombinasi olah raga dengan pola makan gizi seimbang. Olah raga yang dapat diterapkan adalah yang bersifat aerobik seperti lari, renang, bersepeda ataupun yang bersifat pembentukan seperti plank, push up, dan latihan beban. Lakukan minimal 30 menit/sesi paling tidak 3 kali seminggu. 

Seputar Kolesterol

Kolesterol tinggi banyak diderita oleh orang dengan pola makan berlemak, gaya hidup tidak sehat dan kesibukan bekerja.  Penyebab kolesterol tinggi sebenarnya adalah pola makan berlebihan, dalam hal ini terutama yang mengandung lemak jenuh seperti daging, susu, keju, mentega, dan kuning telur.Kolesterol tinggi dapat diturunkan secara genetik, disebut familial hypercholesterolemia. Selain itu, semakin tua usia seseorang maka kolesterol LDL (kolesterol jahat) berkecenderungan meningkat terutama pada wanita menopause.

Menurunkan kadar LDL dan kolesterol total dapat dilakukan dengan metode sederhana:

  1. Mengubah pola makan dengan mengurangi makanan tinggi lemak jenuh

  2. Menurunkan berat badan karena overweight dapat menyebabkan peningkatan LDL, berkurangnya HDL, dan peningkatan kadar kolesterol total

  3. Berolahraga

  4. Hentikan merokok

Perubahan pola hidup ini juga dapat menurunkan risiko diabetes dan tekanan darah tinggi. Kontrol kolesterolteratur sebaiknya dilakukan. Pada usia > 20 tahun, kadar kolesterol sebaiknya diukur setidaknya sekali dalam 5 tahun yang mencakup kadar total kolesterol, LDL, HDL, dan trigliserida. Kadar optimal lipoprotein:

  • Kolesterol total < 200 mg/dl

  • LDL < 160 mg/dl

  • HDL ≥ 60 mg/dl

  • Trigliserida < 200 mg/dl.

Makanan rendah kolesterol diantaranya:

  • Ikan, unggas (ayam, bebek) tanpa kulit, dan potongan daging yang tidak mengandung lemak. Makanan dimasak dengan cara dibakar, dipanggang, atau direbus lebih baik dari pada digoreng

  • Hindari makanan jadi seperti sosis, bacon, salami. Batasi jenis makanan jerohan seperti hati, ginjal, otak

  • Gunakan susu, keju, yogurt rendah lemak. Gunakan margarin yang rendah lemak dibandingkan mentega. Batasi kuning telur, putih telur dapat dimakan bebas

  • Makan sayuran dan buah potong (jangan dijus) serta bahan makanan yang terbuat dari gandum sepertioatmeal, roti gandum

  • Makanan seperti bawang mentah, salmon, almond, minyak zaitun, alpokat dianjurkan

  • Banyak makan makanan yang mengandung vitamin C (pepaya, anggur, jeruk, brokoli) dan vitamin E (gandum, almond, kacang tanah)

Olahraga yang sebaiknya dilakukan untuk menurunkan kadar kolesterol adalah :

  • Olahraga minimal 30 menit sehari, setiap hari

  • Olahraga ringan atau sedang asalkan dilakukan secara rutin dapat berpengaruh baik terhadap kadarkolesterol

  • Olahraga yang dianjurkan seperti joging, berenang, berjalan cepat, dan bersepeda

  • Jangan lupa untuk kontrol kondisi tubuh ke dokter sebelum memulai olahraga

Obat untuk menurunkan kadar kolesterol diperlukan apabila perubahan gaya hidup tidak menunjukkan adanya perubahan. Akan tetapi pemakaian obat untuk menurunkan kolesterol seiring dilakukan dengan perubahan gaya hidup dan di bawah pengawasan dokter.  Tujuan utama terapi kolesterol ini adalah menurunkan kadar LDL sehingga menurunkan risiko penyakit jantung dan stroke.

Jenis obat untuk menurunkan kadar kolesterol diantaranya golongan statin, niasin, dan fibrat.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Anda dapat mengunjungi Rubrik Gizi yang kami miliki serta menggunakan Health Tools:Kalkulator Kalori untuk menghitung kebutuhan kalori Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar