Sukses

Penanganan Glaukoma

28 Jan 2015, 10:02 WIB
Pria, 45 tahun.

Tanya Dokter, Apaakah Glaukoma tidak bisa disembuhkan, bila terkena apa tindakan selanjutnya...Terima kasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Penanganan dan pengobatan glaukoma sangat bergantung dari jenis glaukoma yang dialami dan penyebabnyaa. Pada dasarnya glaukoma dapat dikendalikan dan dapat dikontrol. Pertama-tama, perlu diketahui dulu jenis glaukomanya untuk mengetahui bagaimana kondisi yang diharapkan selanjutnya. 

Peningkatan tekanan bola mata (tekanan intra okuler), yang biasanya menimbulkan kerusakan saraf penglihatan dalam dunia medis disebut sebagai glaukoma. Serabut saraf yang terkena gangguan ini sejatinya memiliki fungsi untuk membawa informasi dari lapisan retina yang sensitif terhadap sinar, ke otak sehingga otak pun menerima informasi tersebut sebagai objek penglihatan.

Genetik atau riwayat keturunan dalam keluarga merupakan latar belakang terjadinya glaukoma. Berdasarkan faktor penyebabnya, glaukoma terbagi menjadi 2:

  • Glaukoma primer

    • Sudut Tertutup

    • Sudut Terbuka

  • Glaukoma sekunder

    • Dipicu oleh penyakit lain yang harus diterapi untuk mengembalikan tekanan bola mata ke ambang nilai normal.

Perlu diketahui bahwa kerusakan saraf pada penderita glaukoma memiliki kemungkinan untuk tidak dapat pulih seperti semula, apabila kerusakan saraf sudah bersifat permanen. Rangkaian terapi biasanya dilakukan untuk menurunkan tekanan di dalam bola mata dan mencegah kematian saraf akibat tekanan yang terlalu tinggi. Jenis terapi dapat berupa obat tetes mata penurun tekanan, operasi hingga terapi laser.

Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi ke Dokter Spesialis Mata agar dapat dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui jenis dan penyebab glaukoma Anda sehingga Anda akan mendapatkan penanganan yang optimal.

Untuk menjawab pertanyaan Anda secara lebih lengkap dan menyeluruh, kami sertakan artikel mengenai Glaukoma. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. emoga bermanfaat. (AAS)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar