Sukses

Emboli Udara Saat Menyuntikkan Obat

01 Aug 2015, 15:30 WIB
Wanita, 20 tahun.

dok saya adalah mahasiswa keperawatan, yg diajarkan ttg bahayanya emboli pada infus, namun saat ini saya sendiri sedang d rawat karena bedah mulut. dan beberapa kali saya melihat emboli infus yang masuk ke dalam vena saya, saya mau bertanya munkinkah emboli tersebut keluar dengan sendirinya? bagaimana mengatasinya, karena saya khawatir

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terimkasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Udara yang disuntikkan ke dalam pembuluh darah vena dapat menjadi emboli udara vena. Emboli udara tersebut akan terbawa aliran darah, masuk ke dalam ruang serambi dan bilik kanan jantung. Dari sana, emboli tersebut dapat terbawa terus ke pembuluh darah arteri paru sehingga mengganggu pertukaran gas di sana, menyebabkan gangguan irama jantung, hipertensi pembuluh darah paru, dan bahkan gagal jantung serta henti jantung. Jika emboli yang ada besar, emboli tersebut dapat menyebabkan sumbatan pada serambi serta bilik jantung, sehingga terjadi obstruksi aliran darah sehingga darah yang dipompa jantung pun berkurang.

Walaupun literatur menyebutkan bahwa untuk menimbulkan komplikasi berat, jumlah udara yang masuk harus banyak, ada kejadian dimana udara sesedikit 0,5 ml yang masuk ke pembuluh darah yang mempendarahi jantung dapat menyebabkan gangguan irama jantung. Sedangkan henti jantung dilaporkan terjadi sewaktu udara sebanyak 20 ml tidak sengaja masuk ke dalam pembuluh darah vena (20 ml sama dengan isi udara dalam satu selang infus). Namun jika jumlah udara yang tiidak sengaja masuk tersebut kecil, maka pada umumnya masih dapat diserap oleh darah sehingga tidak terjadi emboli.

Karena itu, sebaiknya pemberian obat melalui pembuluh darah (injeksi) ataupun pemberian cairan dengan infus harus sangat berhati-hati.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar