Sukses

BAK Nyeri & Bercampur Darah

28 Jan 2015, 08:19 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok, saya setiap kali pipis terasa sakit, dan selalu merasa ingin pipis namun yang keluar hanya sedikit dan sangat sakit, terakhir saya pipis ada sedikit darah yang keluar diakhir, kira2 itu kenapa ya dok, dan apakah ini penyakit seris?

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Nyeri ketika BAKyang disertai BAK berdarah dapat disebabkan oleh adanya infeksi pada saluran kemih atau terdapat peradangan pada saluran kemih, batu saluran kemih, adanya luka pada saluran kemih, dan lain sebagainya. Sejak kapan keluhan tersebut dirasakan? Apakah ada keluhan lain yang dirasakan seperti anyang-anyangan? Apakah disertai demam, keluar pasir atau batu dari saluran kemih?

Untuk mengetahui secara pasti penyebab BAK nyeri dan berdarah haruslah dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu, baik wawancara medis secara lengkap, pemeriksaan fisik secara menyeluruh, maupun pemeriksaan penunjang (pemeriksaan darah, urin lengkap, usg abdomen). Jika terdapat keluhan BAK berdarah kami sarankan agar Anda berkonsultasi dengan dokter spesialis Urologi secara langsung untuk mengetahui penyebab dari keluhan yang Anda rasakan saat ini dan mendapatkan pengobatan yang sekiranya diperlukan.

Apabila benar terdapat infeksi saluran kemih, maka dokter akan memberikan pengobatan antibiotik, serta mengevaluasi penyebab dasarnya untuk mencegah kekambuhan, apakah karena kurang minum, sering menahan kemih, infeksi kemaluan, batu saluran kemih, dsb. Adapun yang dapat Anda lakukan sendiri sebagai tindakan pencegahan adalah:

  • Konsumsi air putih dalam jumlah banyak setiap harinya (lebih kurang 1,5-2 liter/hari)

  • Hindarilah kebiasaan menahan kemih

  • Jagalah kebersihan daerah kemaluan

  • Hindari perilaku seksual tidak sehat, seperti berhubungan bebas. Berhubungan seksual secara bebas dapat meningkatkan risiko terjadinya penularan infeksi daerah kemaluan, diantaranya gonorea, sifilis, bahkan HIV AIDS.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AAS)

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar