Sukses

Nyeri Payudara

15 Mar 2015, 23:59 WIB
Wanita, 20 tahun.

Dok, setelah menstruasi sekitar tanggal 8 jjanuari 2015 kemarin beberapa hari kemudian kedua payudara saya terasa sakit sampai sekarang. kira-kira sudah lebih dari 3 minggu ini. saya menduga ini mastalgia namun saya bingung kenapa berminggu-minggu payudara saya sakitnya. payudara saya sakit ketika disentuh/pencet. kira-kira, apakah yang terjadi dengan payudara saya hal apa yang harus saya lakukan? Terimakasih Dok,

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Keluhan Anda saat ini adalah nyeri pada payudara pasca berhenti menyusui. Apakah payudara Anda terlihat bengkak? Apakah nyeri disertai demam? 

Nyeri pada payudara disebut dengan mastalgia, dapat disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari peradangan payudara, trauma, tumor, dan akibat menstruasi. Mengingat Anda mengalami pasca menyusui kemungkinan nyeri payudara ini disebabkan karena sumbatan duktus atau saluran susu atau oleh infeksi jpada payudara, namun infeksi biasanya disertai tanda radang. Infeksi payudara, yang dalam dunia kedokteran dikenal dengan istilah mastitis. Gejala-gejalanya yaitu payudara memerah dan terasa sakit jika disentuh disertai dengan keluarnya nanah dan darah dari puting payudara. Bagaimana dengan Anda? 

Masih terlalu dini untuk mengkaitkan keluhan Anda dengan kanker. Memang sebaiknya dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung untuk memastikan diagnosis penyakit Anda sehingga dapat diberikan pengobatan yang optimal. Jadi kami sarankan agar berkonsultasi ke Dokter Umum secara langsung untuk pemeriksaan secara menyeluruh dan pemeriksaan penunjang bila diperlukan seperti pemeriksaan mammografi. 

Kanker atau keganasan di payudara dapat timbul dengan beberapa gejala sebagai berikut:

  • Pembengkakan atau benjolan di ketiak
  • Kulit di sekitar payudara mengerut seperti jeruk atau disebut peau d'orange
  • Puting tertarik ke dalam
  • Keluar cairan dari puting, dapat darah, bening, atau warna lain
  • Nyeri di benjolan (namun ini subjektif)
  • Perubahan dari puting seperti rasa gatal, panas, perlukaan.

 

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar