Sukses

Mengidap Alergi Dingin

29 Jan 2015, 15:56 WIB
Wanita, 21 tahun.

Dok, sdh 4thn saya mengidap alergi. Setiap kali kedinginan, makan eskrim dan minuman yg mengandung es, saya langsung ingusan & tdk bisa mencium bau2an.bhkan alergi sy kambuh hampir 1bln sekali. Bgmana cara mengatasinya dok? Trmaksih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Alergi adalah reaksi tubuh yang berlebihan terhadap benda asing tertentu atau yang disebut alergen. Apabila alergen masuk ke dalam tubuh seseorang, melalui berbagai cara, baik terhisap, tertelan, ataupun kontak dengan kulit, maka  sistem kekebalan tubuh seseorang yang memiliki alergi akan aktif dan menimbulkan reaksi yang berlebihan.

Seseorang dengan riwayat alergi tertentu dapat juga memiliki alergi terhadap beberapa hal. Dalam kasus Anda, Anda perlu memperhatikan dengan lebih teliti apa yang mungkin menjadi faktor pemicu timbulnya alergi Anda. Anda perlu memperhatikan jenis-jenis makanan, kondisi udara, dll yang memicu timbulnya alergi Anda.

Alergi tidak dapat hilang sepenuhnya, yang dapat dilakukan bagi penderita alergi adalah dengan melakukan pencegahan atau penghindaran dari materi-materi yang dapat menyebabkan alergi. Maka, penting bagi Anda untuk mengetahui apa saja yang dapat memicu timbulnya reaksi alergi Anda dan menghindarinya. Jika pemicu nya adalah kondisi udara atau dingin maka Anda dapat menggunakan pakaian atau jaket untuk mengatasi dingin,dsb.

Gejala alergi macam-macam, bisa berupa kelainan kulit (kemerahan, gatal, bentol, iritasi), sesak napas, keluar lendir dari hidung, dan sebagainya. Obat untuk alergi adalah antihistamine. Untuk menghindari hal tersebut, gunakanlah jaket atau pakaian tebal dan panjang. 

Jika keluhan yang timbul karena alergi anda cukup mengganggu maka kami sarankan Anda segera berkonsultasi langsung dengan dokter agar mendapatkan penangan yang optimal.

Demikian informasi yang dapat kami berikan,semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar