Sukses

Penglihatan Mata Agak Runyam

27 Apr 2015, 15:45 WIB
Pria, 30 tahun.

Dok, saya punya keluhan penglihatan mata agak runyam, apa lagi kalau melihat tempat/ warna/ ruangan gelap/ redup atau kontras runyam nya semakin jelas ketara. Dan terkadang tapi jarang timbul bercak bercak melayang layang, hal ini pertama saya rasakan pas waktu smp, dan hasil pemeriksaan pada waktu itu bahwa reyina saya punya sedikit kelainan dan saya hanya diberi resep obat tetes, setelah itu saya tidak lagi memeriksa dan menggunakan obat tersebut sampai pada sekarang saya baru menyadari kalau keluhan mata saya kembali saya rasakan dan seperti lebih runyam dari dulu, saya mau tanya apa yg terjadi dg mata saya, dan pemeriksaan atau pengobatan seperti apa yg harus saya ambil, saya mohon bantuan jawabannya terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Keluhan Anda ini memang perlu diperiksakan langsung ke dokter spesialis mata karena perlu dilakukan pemeriksaan pada bagian belakang mata dengan alat pemeriksaan khusus.

Jika yang Anda lihat seperti ada bayangan seperti kekeruhan yang melayang-layang, mungkin yang Anda maksud adalah floaters. Keluhan "floaters" adalah suatu keluhan melihat bayangan hitam yang bergerak-gerak atu berjalan pada penglihatan. "Floaters" dapat disebabkan karena adanya kekeruhan atau sel-sel pada cairan viterus yang mengisi bola mata atau karena terlepasnya lapisan retina (lapisan penerima cahaya) di bagian dalam mata. Ini biasanya terjadi pada mereka dengan mata minus, setelah terjadi trauma di daerah sekitar mata atau memiliki penyakit yang mendasari seperti misalnya diabetes. 

Untuk memastikan hal tersebut sebaiknya dilakukan pemeriksaan mata langsung dan segera karena jika memang terjadi masalah pada lapisan retina (lapisan retina yang terlepas semakin banyak) maka harus segera ditangani agar tidak terjadi kebutaan.  

Kami sarankan Anda segera mengunjungi dokter spesialis mata untuk pemeriksaan langsung dan segera. Semoga Anda segera sembuh dan keluhan segera teratasi dengan baik.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar