Sukses

Minum Air Putih Sebelum Tidur

29 Jan 2015, 10:26 WIB
Wanita, 22 tahun.

Selamat pagi dok,kebiasaan sebelum tidur meminum segelas air putih,apakah kebiasaan tersebut tergolong baik atau buruk untuk kesehatan? Terima kasih

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Sebetulnya tidak ada batasan waktu tertentu untuk mengonsumsi air putih. Namun beberapa pendapat menyatakan bahwa minum sebelum tidur dapat mengganggu waktu tidur Anda karena Anda dapat terbangun untuk berkemih. Sering terbangun pada waktu tidur atau waktu tidur yang kurang juga dikaitkan dengan risiko stress yang lebih tinggi, peningkatan nafsu makan, dan penurunan konsentrasi keesokan harinya. Namun penelitian dalam hal ini masih perlu dilakukan. Boleh saja minum air putih sebelum tidur namun pastikan Anda memiliki waktu tidur yang cukup.

Untuk mengetahui apakah Anda cukup mengonsumsi cairan, Anda dapat melihat warna urin Anda. Urin yang berwarna jernih, tidak berbau menunjukan tubuh memiliki carian yang cukup dan menandakan urin yang sehat. Urin yang berwarna kekuningan menunjukkan sisa-sisa metabolisme dan toksin sudah terbuang dalam urin. Ini adalah kondisi normal. Jika Anda sedikit atau kurang minum air putih akan menyebabkan berkurangnya cairan tubuh dapat ditandakan dengan urin yang lebih pekat atau kuning pekat. Urin yang pekat jika dibiarkan terus menerus dapat memicu terbentuknya batu ginjal. Urin yang kuning keruh disertai nyeri dapat juga menunjukan adanya infeksi pada saluran kemih. 

Lalu berapa banyak cairan yang harus dikonsumsi dalam 1 hari? Studi yang dikeluarkan oleh The Institute of Medicine menyebutkan bahwa konsumsi air yang dianjurkan adalah 3 liter/hari atau setara dengan 13 gelas bagi pria dan 2,2 liter/hari atau setara dengan 9 gelas bagi wanita.

Terdapat beberapa kondisi dimana Anda membutuhkan asupan cairan yang lebih, antara lain:

  • Olahraga

Jika Anda berolahraga atau melakukan aktivitas yang membuat Anda berkeringat, maka Anda harus minum ekstra air untuk mengganti cairan yang hilang. Tambahan 400-600 ml air dapat mengganti cairan yang hilang dari olahraga ringan. Namun jika Anda berolahraga berat, lebih dari satu jam, maka Anda membutuhkan cairan lebih banyak.

  • Lingkungan

Cuaca yang panas dan lembab dapat membuat Anda berkeringat dan membutuhkan tambahan cairan. Selain itu jika Anda berada di ketinggian lebih dari 2,500 m dapat meningkatkan frekuensi berkemih Anda dan pernafasan menjadi lebih cepat sehingga Anda membutuhkan cairan tambahan.

  • Kondisi atau penyakit tertentu

Jika Anda mengalami demam, muntah atau diare maka tubuh Anda akan kehilangan cairan. Oleh karena itu dibutuhkan cairan yang lebih untuk mengganti cairan yang hilang tersebut.

  • Hamil atau menyusui

Wanita yang sedang hamil dianjurkan untuk minum setidaknya 2,3 liter atau setara dengan 10 gelas/hari dan 3,1 liter atau setara dengan 13 gelas/hari bagi ibu menyusui.

Berikut artikel terkait yang dapat Anda baca:

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar