Sukses

Gendang Telinga Pecah Akibat FLu

05 Jun 2015, 15:21 WIB
Pria, 16 tahun.

dok gendang telinga saya pecah gara-gara flu yang saya biarkan apakah gendang saya akan kembali normal tanpa operasi? kalau d biarin apa bakal menyebabkan tuli? makasih banyak dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Gendang telinga yang terluka (sobek) dikenal dengan istilah ruptura membran timpani. Mengenai apakah gendang telinga anda bisa kembali seperti normal dibutuhkan pemeriksaan yang lebih mendalam untuk mengetahui perjalanan penyakit yang Anda derita dan seberapa parah derajat kerusakan yang telah terjadi pada gendang telinga anda. Dokter spesialis THT dapat melakukan observasi apakah membran tersebut dapat menyambung kembali secara alami atau harus melalui operasi.

Jika benar gendang telinga pecah akibat anda mengalami flu, maka kemungkinan penyebabnya adalah radang pada telinga tengah. Jika infeksi pada telinga (OMA) ini telah diobati dengan adekuat, maka pada umumnya gendang telinga dapat menutup sendiri.

Oleh karena itu untuk mendapatkan terapi yang optimal, kami harapkan anda memeriksakan diri kepada dokter spesialis THT segera mungkin.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar