Sukses

Tuli Karena Kerusakan Saraf

03 Aug 2015, 20:21 WIB
Pria, 2 tahun.

dok,saya seorang ibu dgn 3 orng anak,dan anak saya yg 3 menderita kerusakan syaraf di telinga akibat virus campak yg saya derita saat anak saya tersebut berusia 40 hari .dansekarang anak saya mengalami kesulitan dalam mendengar n berbicara. saya sudah memeriksakan anak saya n hasilnya dia harus menggunakan alat bantu dengar.dan yg ingin saya tanyakan dok,adakah solusi lain selain alat bantu dengar? mohon bantuannya dok.terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi KlikDokter.

Gangguan Pendengaran atau tuli dibagi atas tuli konduktif, tuli sensorineural, serta campuran. pada tuli konduktif terdapat gangguan hantaran suara, disebabkan oleh kelainan atau penyakit di telinga luar atau telinga tengah. Pada tuli sensorineural (perseptif) kelainan terjadi pada organ pendengaran yang disebut koklea, saraf pendengaran, atau pusat pendengaran dibagian otak. Sedangkan Tuli campur merupakan kombinasi kedua tipe sebelumnya, dapat merupakan suatu penyakit misalnya radang telinga tengah yang berkomplikasi ke telinga dalam, atau bisa juga merupakan dua penyakit yang berlainan.

Berdasarkan informasi yang Anda berikan, kondisi anak Anda ini tergolong dalam tuli perseptif / sensorineural. Tuli perseptif dapat disebabkan karena infeksi, intoksikasi obat, trauma kepala atau trauma langsung pada organ pendengaran, pajanan bising, atau kongenital (kelainan yang ada sejak lahir). Penyebab terbanyak kelainan yang telah ada sejak lahir (kongenital) adalah organ pendengaran koklea yang tidak terbentuk (aplasia) atau terbentuk tidak sempurna. Keadaan ini dibedakan menjadi dua yaitu tuli sebagian dan tuli total.

Pada tuli sebagian, keadaan fungsi pendengaran berkurang namun masih dapat dimanfaatkan untuk berkomunikasi dengan atau tanpa bantuan alat dengar. Sedangkan tuli total adalah keadaan fungsi pendengaran yang sedemikian terganggunya sehingga tidak dapat berkomunikasi sekalipun mendapat pengeras suara.

Dikenal beberapa cara untuk membantu pendengaran seperti;

  1. Alat bantu dengar (ABD), adalah suatu perangkat elektronik yang berguna memperkeras suara yang masuk ke dalam telinga, sehingga si pemakai dapat mendengar lebih jelas suara yang ada disekitarnya. ABD dibedakan menjadi beberapa jenis; jenis saku, jenis belakang telinga, jenis ITE (In The Ear), jenis ITC (In The Canal), dan jenis CIC (Completely In The Canal). Selain itu masih ada lagi jenis khusus seperti jenis kaca mata, hantaran tulang, dan lainnya.
  2. Assistive Listening Device (ALD), adalah perangkat elektronik untuk meningkatkan kenyamanan mendengar pada kondisi lingkungan pendengaran tertentu seperti menonton televisi, mendengarkan telpon, mendengar suara bel rumah, atau pada saat berada di aula / auditorium. ALD dapat digunakan tersendiri atau dipasang pada ABD dengan maksud mengoptimalkan kerja ABD.
  3. Implantasi koklea, merupakan perangkat elektronik yang mempunyai kemampuan menggantikan fungsi organ pendengaran koklea untuk meningkatkan kemampuan pendengaran dan berkomunikasi pada pasien tuli saraf berat dan tuli total kedua telinga.

Banyak cara dan jenis alat bantu dengar yang dapat Anda pilih untuk membantu meningkatkan kemampuan pendengaran anak anda. Kami sarankan Anda untuk berkonsultasi dengan dokter spesialis THT untuk mendiskusikan pilihan terapi yang lebih tepat sesuai dengan kondisi dan kenyamanan anak Anda.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar