Sukses

Menu Makanan Ibu Hamil
03 Aug 2015, 20:47 WIB
Wanita, 32 tahun.

Selamat pagi dok! Apa masalah dok kalau setiap hari makan daging, karena kalau makan pakai ikan terasa mual! Saat ini usia kandungan saya sudah 10 minggu.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Biasanya dalam waktu menjalani sebuah masa kehamilan, seorang ibu hamil akan mengalami banyak rasa ketidaknyamanan, salah satunya adalah nafsu makan akan menurun. Ini merupakan hal yang sering terjadi. Dan untuk mengatasinya, berikut cara yang dapat diambil untuk Meningkatkan Nafsu Makan Saat Hamil

  1. Tips pertama adalah dengan menumbuhkan kesadaran pada diri sendiri, bahwa dalam tubuh terdapat sebuh janin yang membutuhkan nutrisi bagi perkembangannya, karena janin sangat bergantung pada nutrisi yang dimakan oleh seorang ibu hamil. Dengan cara motivasi ini, diharapkan agar bisa lebih cermat dalam memilih jenis makanan yang dikonsumsi, mengatur menu makanan agar gizi yang di dapat tubuh lebih optimal, dan tentunya bisa menambah nafsu makan.
  2. Tips kedua adalah dengan mengubah pola makan. Hamil selain memberikan perubahan pada fisik dan juga akan mempengaruhi perubahan psikis, yang berdampak mengubah pola makan. Jika sebelumnya pernah melakukan diet maka saat hamil, diet yang di lakukan adalah diet khusus untuk ibu hamil, yakni dengan cara mengatur nutrisi yang masuk kedalam tubuh seperti jumlah karbohidrat, lemak,protein, vitamin, dan juga mineral bisa tercukupi dengan baik.
  3. Tips ketiga adalah mengatur frekuensi makan. Jika menyajikan dalam jumlah besar bisa membuat tertekan dan kehilangan nafsu makan. Artinya aturlah jadwal makan dengan prinsip sedikit, tapi sering. Frekuensi makan di tambah sedangkan porsi makan di kurangi. Jika menyukai camilan di anjurkan untuk memilih cemilan yang sehat, seperti jus atau buah segar.

Tidak masalah jika anda makan daging, selama daging tersebut dimasak hingga matang dan terjamin kebersihannya. Namun anda perlu juga memenuhi kebutuhan gizi lainnya, dengan mengkonsumsi sumber karbohidrat, lemak,vitamin dan mineral yang tidak tercukupi jika hanya mengkonsumsi daging.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar