Sukses

Mencegah dan Menghilangkan Bekas Luka

14 Feb 2015, 09:25 WIB
Wanita, 21 tahun.

dokter, saya mempunyai bekas luka sejak kecil karena gigitan serangga, kulit sy jika gatal sedikit mudah sekali lecet dan bekasnya susah hilang. mohon saranya sy harus bagaimna? untuk mencegah dan menghilangkan bekas luka? terimakasih

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Bekas hitam bekas gigitan serangga memang dapat mengganggu estetika kulit. Anda tidak perlu khawatir, karena bekas luka umumnya akan menghilang secara perlahan.

Kulit merupakan salah satu bentuk pertahanan tubuh terhadap infeksi. Seorang dengan alergi atau yang memiliki kulit kering cenderung lebih rentan terhadap infeksi pada kulitnya. Bagaimana dengan jenis kulit Anda? Yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Pilih sabun bayi yang mengandung banyak moisturizer
  • Gunakan pelembab pada tangan 
  • Hindari penggunaan sabun mandi yang mengandung antiseptik karena akan membuat kulit semakin kering
  • Jagalah daerah yang gatal dari garukan atau gesekan
  • Biasakan untuk menggunakan pakaian yang dapat menutupi lengan dan tungkainya dan gunakan pakaian yang menyerap keringat. Hindari pakaian yang memicu gatal seperti bahan wool.
  • Jika bepergian ke daerah rerumputan, pepohonan, atau daerah yang banyak dihuni nyamuk dan serangga lainnya, Anda dapat menggunakan lotion anti nyamuk atau yang mengandung lavender.
  • Cukupi asupan air Anda (2-3 Liter per hari) sehingga kulit juga dapat terjaga kelembabannya.

Pencegahan yang terpenting adalah menjaga kesehatan kulit Anda dengan menerapkan tips di atas. Bekas luka umumnya dapat menghilang secara perlahan. Apabila keluhan Anda memberat, kami sarankan sebaiknya Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis kulit dan kelamin untuk diagnosis dan terapi lebih lanjut. 

Baca pula beberapa artikel berikut untuk menambah informasi Anda:

Demikian penjelasan kami. Semoga keluhan Anda lekas teratasi. (CR)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar