Sukses

Benjolan di Leher, Apakah Gondongan?

26 Jan 2015, 12:21 WIB
Pria, 16 tahun.

Saya rasa,sekarang saya terkena gondongan ,itu terletak pada bagian kanan leher saya ,terasa nyeri dan pusing ,serta nafsu makan saya juga berkurang ,saya mohon pencerahan dari dokter ,apa yang harus saya lakukan agar penyakit ini lekas hilang dan tidak menyebar ke orang lain ,terimakasih dokter.

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan, namun untuk menentukan apakah Anda terkena gondongan perlu dilakukan pemeriksaan fisik secara langsung lebih lanjut karena benjolan di leher bisa disebabkan oleh berbagai penyebab bukan hanya gondongan saja. 

Benjolan leher dapat disebabkan oleh berbagai sebab selain gondongan:

  • Pembesaran kelenjar tiroid (gondok): hipertiroidisme, hipotiroidisme, tumor kelenjar tiroid

  • Pembesaran kelenjar getah bening: tumor kelenjar getah bening, TBC kelenjar, penyebaran kanker dari tempat lain, infeksi bakteri

  • Pembesaran kelenjar air liur: parotitis, tumor parotis 

  • Bisul (abses), biasanya disertai dengan keluhan nyeri, warna kemerahan

  • Sebab lain (jarang).

Sekilas izinkan kami menjelaskan mengenai Gondongan. Gondongan (Mumps, Parotitis Epidemika) adalah suatu infeksi virus menular yang menyebabkan pembengkakan unilateral (satu sisi) atau bilateral (kedua sisi) pada kelenjar liur disertai nyeri. Mumps disebabkan oleh paramyxovirus. Virus ini ditularkan melalui percikan ludah yang berasal dari bersin atau batuk penderita atau karena bersentuhan langsung dengan benda-benda yang terkontaminasi oleh ludah penderita.

Yang terkena biasanya adalah kelenjar parotis, yaitu kelenjar ludah yang terletak diantara telinga dan rahang. Pada orang dewasa, infeksi ini bisa menyerang testis (buah zakar), sistem saraf pusat, pankreas, prostat, payudara dan organ lainnya. Masa inkubasi adalah 14-24 hari.

Gejala dan tanda

  • Nyeri pada salah satu atau kedua kelenjar liur, disertai bengkak
  • Demam ringan, nyeri pada otot leher dan rasa lemas, sakit kepala
  • Nafsu makan berkurang, merasa tidak enak badan
  • Puncak bengkak pada 1-3 hari, dan berakhir pada 3-7 hari
  • Sudut mandibula tidak jelas
  • Posisi daun telinga meningkat
  • Makanan dengan rasa asam menyebabkan rasa nyeri pada kelenjar liur

Bagaimana dengan Anda? Adakah Anda mengalami salah satu gejala di atas?

Gejala lain yang mungkin ditemukan:

  • nyeri testis
  • benjolan di testis
  • pembengkakan skrotum (kantung zakar) 

Jika dibandingkan dengan campak atau cacar air, gondongan tidak terlalu menular. Kebanyakan penyakit ini menyerang anak-anak yang berumur 2-15 tahun, namun pada orang dewasa justru lebih berat. Jarang ditemukan pada anak yang berumur kurang dari 2 tahun.  Jika seseorang pernah menderita gondongan, maka dia akan memiliki kekebalan seumur hidupnya. Karena virus ini ditularkan melalui percikan ludah yang berasal dari bersin atau batuk penderita atau karena bersentuhan langsung dengan benda-benda yang terkontaminasi oleh ludah penderita, maka bagi penderita disarankan untuk memakai masker untuk menghindari penularan ke orang lain melalui inhalasi udara dan sering mencuci tangan. 

Mengenai pengobatan, tidak ada terapi spesifik untuk parotitis/gondongan, karena penyebab infeksi ini adalah virus, antibiotik bukanlah terapi untuk penyakit ini. Yang harus dilakukan adalah istirahat cukup, makan makanan yang lunak, banyak minum air putih. Obat yang dapat diberikan berupa anti demam dan anti nyeri jika muncul keluhan demam atau nyeri. Penyakit ini biasanya akan sembuh sendiri dalam waktu 2 minggu. 

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. 

Salam sehat, 

    0 Komentar

    Belum ada komentar