Sukses

Cara Senam Kegel Pria dan BAK

27 Jan 2015, 17:51 WIB
Pria, 30 tahun.

Saat kencing keluarkan trus tahan keluarkan lg trus tahan lg, begitu seterusnya apakah merupakan salah 1 cara u/ senam KEGEL? Terima kasih

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terimakasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Cara yang Anda sebutkan dapat digunakan untuk mengidentifikasi otot dasar panggul, namun tidak untuk dilakukan secara sering. Untuk penjelasan lebih lengkap, berikut adalah cara melakukan senam kegel yang tepat:

  • Temukan otot-otot yang tepat

Untuk mengidentifikasi otot-otot dasar panggul, cobalah untuk memberhentikan urin di saat Anda sedang berkemih. Jika berhasil, maka Anda telah menemukan otot yang tepat. Namun, hal ini cukup Anda coba sekali saja. Karena jika Anda sering melakukan ini sewaktu berkemih, maka akan berpotensi meningkatkan risiko terjadinya infeksi saluran kemih. 

  • Teknik yang tepat

Ketika Anda berhasil mengidentifikasi otot-otot dasar panggul Anda, kosongkan kandung kemih dan bersandarlah. Kencangkan otot-otot dasar panggul Anda, tahan kontraksi selama 5 detik dan kemudian relaksasi selama 5 detik. Lakukan sebanyak 4-5 kali. Anda dapat meningkatkan kontraksi selama 10 detik dan diikuti dengan relaksasi selama 10 detik. 

  • Jagalah fokus Anda

Untuk hasil yang terbaik, fokuslah mengencangkan otot-otot dasar panggul saja. Hati-hati jangan menekuk otot-otot perut, paha atau bokong Anda. Bernafaslah secara rileks dan hindari menahan nafas. 

  • Ulangi 3x per hari

Anda dapat melakukan selama setidaknya 3 set dengan pengulangan hingga 10 kali per hari.

Jadi setelah Anda mengetahui otot dasar panggul Anda, Anda dapat melakukan latihan tersebut dengan kondisi kandung kemih yang kosong. 

Demikian penjelasan yang dapat disampaikan. Semoga membantu. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar