Sukses

Pembengkakan Anus

29 Jan 2015, 21:00 WIB
Pria, 18 tahun.

Slmt siang dok. Dok kira2 sudah 2 tahun ini saya BAB selalu berdarah, dan cincin anus saya terjadi pembengkakan, tapi bisa kempis lagi. Apakh pembengkakan itu bahaya dok? Trimakasih

 

Bapak/Saudara yang terhormat,

 

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

 

Untuk mendiagnosis benjolan/pembengkakan memang diperlukan pemeriksaan langsung. Saya memang tidak mengetahui dengan detil kondisi kesehatan Anda, namun saya akan mencoba menjawab pertanyaan Anda. 

 

Berdasarkan informasi yang Anda berikan nampaknya yang Anda alami memang adalah wasir/ambeien, dan kemungkinan besar wasir eksterna. Apakah benjolan keluar masuk anus atau hanya di luar saja? Benjolan pada anus memang kebanyakan disebabkan karena wasir, namun diperlukan pemeriksaan langsung untuk menyingkirkan kemungkinan lainnya. Gejala wasir memang tidak hanya BAB berdarah tapi meliputi nyeri pada anus, dan perubahan pola BAB. 

 

Penanganan wasir dilakukan berdasarkan kondisi wasir Anda. Anda dapat mendiskusikannya dengan dokter Anda. Wasir yang belum parah biasanya ditangani dengan prosedur tindakan minimal invasif seperti rubber band ligation atau ablasi atau sklerosis. Jika ditangani dengan baik, keluhan Anda akan membaik, sehingga Anda tidak perlu khawatir. Bila tida ditangani malah akan membuat keluhan Anda bertambah parah dan wasir Anda semakin membesar. 

 

Sebagai informasi lengkap Anda, silakan membaca panduan tentang Wasir.

 

Juga saya sertakan artikel: 7 Tips Mencegah Sulit BAB untuk membantu Anda agar mencegah wasir tidak bertambah parah.

 

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (JF)

 

Salam,

Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar