Sukses

Tidak Keluar Darah Saat Haid

26 Jan 2015, 14:08 WIB
Wanita, 25 tahun.

pagi,dokter saya mengalami saat dtngnya haid dengan waktu 2hr kurang lebh sy begitu trs dlm wkt 1thn dan pd saat dtng haid saya tidak ada keluar darah seperti rg normal jd pd saat kencing saja akan mengikuti darah. pertanyaan sy,sy ingin konsultasi langsng dengan dokter kelamin atau penyakit dlm dengan keluhan saya

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Saudari yang terhormat. Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah terdapat keluhan lain seperti nyeri ketika haid, dan lainnya? Siklus menstruasi normal berlangsung antara 21-35 hari, dengan keluarnya darah menstruasi selama 2-8 hari, volume berkisar 20-60 ml per hari, atau sekitar 2-3 kali ganti pembalut. Bagaimanakah siklus haid Anda sebelumnya? apakah sebelum keluhan saat ini, siklus haid Anda teratur? 

Tidak keluarnya darah saat haid dapat disebabkan oleh amenorea sekunder.Amenorea sekunder adalah tidak terjadinya menstruasi selama 3 siklus (pada kasus oligomenorea atau jumlah darah menstruasi sedikit), atau 6 siklus setelah sebelumnya mendapatkan siklus menstruasi biasa.

Faktor-faktor risiko terjadinya amenore sekunder antara lain:

  • Aktivitas fisik yang terlalu berat (ekstrem)
  • Terlalu kurus (lemak tubuh kurang dari 15 – 17%). Keadaan ini mempengaruhi proses pembentukan hormon. Jika seorang perempuan mengalami kelainan makan, seperti anoreksia atau bulimia, perubahan hormonal yang disebabkan dapat berujung pada berhentinya menstruasi.
  • Obesitas. Adanya jaringan lemak yang berlebih pada seorang yang mengalami obesitas juga mempengaruhi proses ovulasi (pengeluaran sel telur dari indung telur).
  • Stress psikis. Stress dapat mempengaruhi fungsi hipotalamus sehingga menstruasi berhenti. Karena itu jika stress berkurang, menstruasi muncul kembali.
  • Penggunaan obat-obatan tertentu seperti antidepresan, antipsikotik, obat kemoterapi, dan kortikosteroid oral.

Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kandungan dan kebidanan terlebih dahulu untuk dilakukan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik, dan  pemeriksaan penunjang yang diperlukan sehingga segera diketahui apa yang menjadi penyebab keluhan Anda. Dokter juga akan melakukan pemeriksaan untuk mengetahui sumber keluhan darah pada urin Anda (apakah berasal dari saluran kencing atau dari organ reproduksi).

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar