Sukses

Keputihan Berbentuk Darah

27 Jan 2015, 16:00 WIB
Wanita, 20 tahun.

Sore Dok, Saya udah haid tgl 10 januari kmarin, selama 1 minggu ( pertama kali haid dengan waktu selama itu). Dengan volume darah yang lumayan banyak. setelah itu sekrang tertanggal 20 saya mngeluarkan darah lagi. awalnya seperti keputihan tetapi berbentuk darah. hampir setiap hari sampai sekarang saya masih mengeluarkan darah tersebut. mohon penjelasannya dok. *terakhir saya tanya melalui email lain, tpi saya lupa password nya. Terimakasih.

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apabila darah tersebut disertai dengan cairan keputihan, perlu diketahui apakah terdapat keluhan lain yang menyertai seperti berbau, banyak dan disertai keluhan gatal, panas, dan lain-lain. Keputihan dengan gejala tersebut disebut abnormal, dan umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh bakteri, jamur ataupun parasit.  Keputihan abnormal perlu diobati karena dapat menyebabkan penyebaran infeksi ke organ dalam.

Kemungkinan penyebab lain keluhan yang Anda alami adalah suatu spotting, dan berikut adalah penyebab spotting tersering, yaitu: 

  1. Kehamilan atau kehamilan ektopik (kehamilan di luar kandungan)
  2. Penggunaan kontrasepsi oral
  3. Ketidakseimbangan hormon
  4. Infeksi pada alat kelamin
  5. Pengobatan tertentu (misal: obat pengencer darah) 
  6. Polip serviks (benjolan pada mulut rahim)
  7. Kanker serviks 
  8. Dysfunctional uterine bleeding (pendarahan akibat hormonal)
  9. Endometriosis, adenomyosis (bentuk kelainan pada dinding rahim)
  10. Hiperplasia endometrial
  11. Pelvic inflammatory disease (penyakit infeksi pada saluran kewanitaan)
  12. Efek implantasi hasil pembuahan ke dinding rahim

Selain itu bercak tersebut juga dapat disebabkan karena adanya perlukaan pada organ intim setelah melakukan hubungan seksual, atau dapat merupakan sisa darah menstruasi sebelumnya. Bila bercak tersebut muncul sekitar 2 minggu setelah menstruasi terakhir, mungkin juga merupakan tanda kehamilan. Kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar ditelusuri lebih lanjut penyebabnya disertai penanganan optimal.

Berikut kami sertakan artikel terkait pertanyaan Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar