Sukses

Saya Keputihan Apakah Tanda Kanker Serviks?

17 Feb 2015, 16:06 WIB
Wanita, 22 tahun.

Dok sy mngalami kptihan umur 18th smpe skrg belum jga sembuh dan kptihan wrnanya kuning gak gtal tp styp hari keluar dan setiap 1mggu sblm haid ada keluar sdkit darah itu cma 1 hari aja kluar darhny. Apa it ciri2 knker srviks? Mksh

dr. Melyarna Putri

Dijawab Oleh:

dr. Melyarna Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter

Keputihan adalah cairan yang keluar dari vagina. Keputihan dapat timbul dari berbagai keadaan, yaitu secara normal/fisiologis dan secara patologis. Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal terjadi akibat perubahan hormonal, seperti saat menstruasi, stres, kehamilan, dan pemakaian kontrasepsi. Sedangkan keputihan patologis adalah keputihan yang timbul akibat kondisi medis tertentu dengan penyebab tersering adalah akibat infeksi parasit/jamur/bakteri.

Cairan vagina normal memiliki ciri-ciri antara lain warnanya putih jernih, bila menempel pada pakaian dalam warnanya kuning terang, konsistensi seperti lendir (encer-kental) tergantung siklus hormon, tidak berbau serta tidak menimbulkan keluhan.

Ketika cairan yang keluar dari vagina sudah mengalami perubahan warna (menjadi putih susu, keabuan, hingga kehijauan), berbau, banyak dan disertai keluhan lain (seperti gatal, panas, dll) menunjukkan bahwa telah terjadi keputihan abnormal yang umumnya disebabkan karena infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur ataupun parasit.

Melihat usia Anda yang masih muda dan keluhan Anda kemungkinan yang terjadi bukan kanker serviks. Kanker serviks umumnya terjadi pada usia di atas 35 tahun, dengan rata-rata terjadi pada usia 52 tahun. Gejala paling umum dari kanker leher rahim adalah perdarahan abnormal dari vagina atau flek (bercak) vagina. Perdarahan abnormal ini terutama terjadi setelah berhubungan seksual,  namun dapat muncul juga perdarahan diantara 2 siklus menstruasi, menoragia, atau bercak / perdarahan postmenopause. Bila perdarahan berlangsung dalam jangka waktu lama maka pasien dapat mengeluh lelah dan lemas karena anemia yang dialaminya.  Bercak kekuningan yang encer diikuti dengan bau amis dapat merupakan tanda-tanda keganasan. Gejala biasanya baru muncul ketika sel yang abnormal berubah menjadi keganasan dan menyusup ke jaringan sekitarnya.

Pada stadium lanjut, pasien dapat mengeluh bercak vagina yang berbau, penurunan berat badan, dan obstruksi (sumbatan) dalam berkemih.  Apabila kanker sudah menyebar ke panggul maka nyeri punggung dapat terjadi diikuti dengan hambatan dalam berkemih serta pembesaran ginjal.  

Anda dapat memeriksakan diri lebih lanjut ke dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Untuk menegakkan diagnosis, apabila Anda sudah pernah berhubungan seksual, dapat melakukan pemeriksaan Pap Smear dimana sebagian jaringan leher rahim Anda akan diambil untuk dilihat apakah terdapat tanda-tanda keganasan. 

Demikian informasi yang dapat Kami sampaikan. Semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar