Sukses

Mual Dipagi Hari

05 Aug 2015, 21:32 WIB
Pria, 52 tahun.

Selamat siang, Saya hampir setiap pagi hari merasa mual dan terasa sakit, tetapi tidak ada yang dimuntahkan dan juga tenggorokan sering terasa ada lendir yang kental. Mohon saran cara mengatasi / menyembuhkan hal tersebut diatas termasuk obat atau makanan yang dianjurkan atau dilarang. Apabila harus rutin mengkonsumsi obat, dimana saya dapat beli obat tsb , sekian terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih atas pertanyaan Anda

Kami mengerti kkehawatiran yang Anda rasakan. Keluhan yang Anda rasakan adalah mual di pagi hari. Banyak penyebab yang mengakibatkan seseorang mengalami gangguan mual di pagi hari, diantaranya adalah:

  1. Kadar gula daran yang rendah
  2. Gangguan pencernaan baik di lambung atau usus: Gastritis, GERD (Gastroesophageal Reflux Disease), Irritable Bowel Syndrome (IBS)
  3. Gangguan psikologis seperti stress, depresi.

Jika memang sebelumnya Anda sudah pernah terdiagnosa memiliki penyakit maag. Kami sarankan Anda harus melakukan perubahan pola hidup seperti jangan sampai telat makan/usahakan makan teratur,makan sedikit-sedikit tetapi sering,hindari konsumsi makanan pedas,asam,alkohol,rokok,kafein dan hindari stress. Selain itu, sebaiknya menghindari konsumsi makanan-makanan asam, pedas, kopi, alkohol, merokok dan hal-hal lain yang dapat  merangsang asam lambung. Jika keluhan dirasakan semakin menganggu kami sarankan Anda untuk melakukan konsultasi langsung dengan dokter. 

Anda juga dapat membaca artikel kami berjudul :

6 Makanan Perparah Maag

6 Makanan Pencegah Perut Kembung

Demikian informasi yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat .

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar