Sukses

Mata Merah dan Berair

04 Jun 2015, 22:05 WIB
Wanita, 21 tahun.

Slmt pagi, dok. Saya ingin mengkonsultasikan mata kiri saya dgn gejala terasa perih setiap saat (baik saat mata terbuka maupun saat terpejam), setiap terasa perih, mata menjadi berair (bahkan terlihat seperti menangis & keluar air jg melalui lubang hidung bag. kiri), kelopak mata & kantung mata menjadi bengkak, kotoran mata normal, ada titik putih pada bagian mata & terasa timbul, peka thp cahaya, penglihatan menjadi buram, Gejala ini sudah berlangsung selama kurang lebih seminggu. Mata kiri saya silinder -1,25 & yg kanan normal. Saya tdk memakai make up mata (maskara, dsb). Apkh mata saya alergi atau sensitif thp sesuatu, dok? Krn hampir setiap bulan, mata kiri saya selalu bermasalah seperti ini. Mohon jawabannya. Terima kasih.

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Tanya Dokter di KlikDokter.com.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Kondisi mata merah dapat disebabkan oleh berbagai hal, dan hanya dapat ditegakkan oleh pemeriksaan fisik. Mata merah dapat disebabkan karena iritasi karena mata kering, infeksi mata (karena virus, bakteri, jamur) atau bahkan migrain / sakit kepala sebelah.

Mata sangat tergantung kepada air mata untuk menjaga kelembaban mata dan menjaganya tetap nyaman. Air mata adalah kombinasi dari air untuk pelembab, minyak untuk lubrikasi, mukus, dan antibodi serta protein khusus untuk melindungi mata dari infeksi. Komponen-komponen ini berasal dari kelenjar air mata yang berada di sekitar mata.Ketika terjadi masalah pada kelenjar air mata, seseorang dapat mengalami mata kering atau ' dry eyes'.

Seseorang dengan sindroma mata kering akan mengalami produksi air mata berlebih sebagai kompensasinya. Ketika mata tidak cukup lembab, mata akan mengirimkan sinyal distres terhadap sistim saraf yang akan mengaktifkan kelenjar air mata untuk mengeluarkan cadangannya sebagai kompensasi terhadap mata kering. Namun air mata yang keluar kebanyakan hanya terdiri atas cairan saja dan tidak memiliki kemampuan melembabkan seperti layaknya air mata normal.Hal inilah yang terjadi pada mata anda.

Sindroma mata kering dapat disebabkan oleh beberapa hal, yaitu :

  • proses penuaan terutama saat menopause
  • efek samping obat seperti antihistamin dan pil KB
  • penyakit yang mempengaruhi kemampuan menghasilkan air mata seperti Sjogren's Syndrome, Rematoid Artritis, penyakit kolagen vaskuler
  • gangguan struktur mata atau kelenjar air mata
  • mata kering akibat pengaruh lingkungan : cuaca berangin, AC, cuaca kering/panas

Pada akhirnya, gangguan umum dari mata kering akan menjadi keratokonjungtivitis sikka atau Sindroma Mata Kering. Seseorang dengan mata kering akan merasakan keluhan pada mata :

  • gatal
  • mata merah
  • terasa ada sesuatu di mata
  • air mata keluar terus menerus
  • pandangan kabur
  • nyeri

Mata kering dapat diatasi dengan memberikan tetes air mata buatan, oklusi (penutupan) kelenjar dengan menggunakan punctal plug, tetes mata restasis untuk membantu meningkatkan produksi air mata, dan pakailah kacamata apabila keluar rumah / di jalan untuk mengurangi pajanan terhadap sinar matahari, angin, dan debu.

Selain itu juga, mata merah dan pandangan kabur dapat disebabkan karena infeksi virus, bakteri atau karena alergi. Untuk itu, jika keluhan sudah mengganggu, kami sarankan Anda mengunjungi dokter spesialis mata untuk penanganan yang tepat segera sesuai dengan penyebabnya. Jika tidak ditangani segera maka dapat menyebabkan gangguan penglihatan lebih lanjut yang berbahaya.

Demikian informasi ini kami sampaikan, semoga bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar