Sukses

Takut Terkena Kanker

23 Jan 2015, 21:27 WIB
Pria, 20 tahun.

Tanya dok, dimulai dari ayah saya menderita kanker usus besar pada umur 38 tahun dan diikuti kakek saya umur 65 tahun menderita kanker paru paru, dan semua berakhir dengan kematian. Bagaimana pola hidup sehat yang harus saya terapkan untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kanker pada tubuh saya. Saya juga pernah sakit pada darah saat itu darah saya drop, pusing dan lemas, serasa muntah, dokter memberitahu kalau ada bakteri pada darah, daya tahan tubuh juga menurut saya kurang baik Tapi apakah itu semua termasuk gejala dari penyakit kanker? serta berapa besar persentase terkena kanker? terima kasih.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami turut bersimpati atas kondisi yang dialami oleh anggota keluarga Anda. Gejala-gejala yang Anda sebutkan belum tentu merupakan gejala dari penyakit kanker, bisa saja itu merupakan infeksi bakteri biasa seperti yang dokter Anda sebutkan. Untuk menentukan diagnosis perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan pemeriksaan penunjang terlebih dahulu. Kanker sendiri bisa menyerang berbagai organ di dalam tubuh dan gejalanya tidak spesifik bergantung dari lokasi, penyebaran dan stadium. Tidak ada salahnya jika Anda rutin melakukan medical check-up. 

Penyakit kanker dapat dicegah dengan pola hidup yang baik dan juga deteksi dini. Pola hidup sehat seperti istirahat teratur, olah raga teratur, diet sehat dapat membantu mengurangi risiko terjadinya kanker. Menghindari rokok dan alkohol juga akan membantu mencegah berkembangnya kanker.

Genetik memang memiliki peranan penting terjadinya kanker pada seseorang. Sel kanker terjadi karena adanya mutasi sel yang tumbuh berlebihan dan menyebar ke seluruh tubuh. Namun di dalam tubuh setiap manusia, terdapat beberapa faktor pemicu yang berbeda-beda untuk "menciptakan" sebuah kanker, dan masing-masing faktor pemicu tersebut bersifat individual yang tidak dapat diketahui secara pasti hingga kini.

Genetik yang termutasi tidak akan menyebabkan terjadinya kanker kecuali ada faktor yang memicu. Sebagai contoh sederhana, kanker payudara dan kanker ovarium yang keduanya dipicu oleh hormon estrogen secara berkelanjutan. Langkah antisipasi yang dapat diambil adalah mengurangi hormon estrogen dengan cara memiliki anak dan menyusui selama 2 tahun (pada wanita), sehingga hormon estrogen menjadi stabil selama kurang lebih 2,5 tahun.

Sehingga tidak ada persentase yang spesifik seseorang dapat terkena kanker. Sebab di luar faktor genetik, gaya hidup serta pola hidup Anda juga memainkan peranan penting. 

 

Untuk informasi lengkap Anda, kami sertakan artikel:

10 Petunjuk Hidup Sehat

Kapan Anda memerlukan Medical Check Up?

Pistachio Kurangi Risiko Kanker Paru

Pemeriksaan Darah Guna Mendeteksi Kanker Paru

Potensi Aspirin untuk Kanker Kolon

Kaitan Kopi, Teh, dan Minuman Bersoda Terhadap Kanker Kolon

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar