Sukses

Rambut Beruban dan Berketombe: Mengapa?

23 Jan 2015, 21:37 WIB
Pria, 19 tahun.

dok saya msi 19 tahun kenapa seperempat rambut saya sudah beruban, apaaaa si yang menyebabkan uban di usia muada? ketombe saya juga ga bisa ilang. kenapa itu dok. mhon di jwab.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. 

Uban di Usia Muda

Rambut beruban pada usia muda dapat terjadi karena adanya faktor  stres, karena kekurangan vitamin ataupun karena adanya faktor keturunan dimana anggota keluarga yang lain memang cenderung memiliki uban di usia muda. Selain itu adanya gangguan karena kelainan metabolisme (seperti penyakit kencing manis), kelainan kekebalan tubuh, kelainan hormonal, keracunan logam berat, dan gangguan ginjal dapat meningkatkan jumlah uban di kepala.

Untuk mengatasi rambut beruban ini, cobalah untuk mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang, terutama mengandung cukup vitamin B12 seperti yang tercakup didalam produk-produk hewani yaitu dalam telur, hati, daging, unggas, dll. Apabila rambut beruban anda timbul karena masalah kekurangan vitamin B12, maka dengan mengkonsumsi makanan yang kaya akan vitamin B12 masalah tersebut dapat dikoreksi sehingga masalah rambut beruban anda dapat teratasi. Dengan asupan vitamin B12 yang cukup produksi melanin, pigmen rambut, akan kembali normal dan rambut yang putih akan rontok yang selanjutnya akan digantikan oleh rambut yang hitam. Selain itu, hindarilah hidup penuh stres. Cobalah untuk hidup lebih santai dan teratur.

Namun, jika penyebab timbulnya uban ini adalah faktor keturunan, maka tidak dapat disembuhkan dan uban yang sudah tumbuh tidak dapat dikembalikan menjadi hitam kembali. 

Ketombe

Ketombe disebabkan oleh jamur. Ketombe yang menyerang kulit kepala bermanifestasi sebagai ketombe yang tebal, putih, dan terlokalisasi. Kulit kepala juga bisa terasa gatal dan kemerahan. Sedangkan pada wajah, biasanya berwarna merah kecoklatan, kering, terutama di daerah sekitar alis dan lipatan hidung.

Apabila memang ketombe Anda disebabkan oleh jamur, maka Anda dapat memakai produk shampo antijamur yang mengandung Zinc pyrithione, Selenium sulfide, dan Ketoconazole. Shampo ketokonazole lebih efektif dibandingkan Zinc pyrithione. Selenium sulfida juga sering dipakai. Selenium sulfid digunakan dalam bentuk shampo, pemakaiannya dianjurkan 2-3 kali dalam seminggu selama  minimal 1 bulan. Setelah rambut dibasahi dan dioleskan sampo, diamkan selama 5 menit, setelah itu bilas. Pada kasus peradangan yang lebih berat dapat diberikan obat topical (oles) berupa krim kortikosteroid, krim ketokonazol, atau krim pragmatar. 

Bila hal-hal tersebut telah Anda lakukan, tapi ketombe tidak kunjung berkurang, segeralah berkonsultasi ke Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin untuk dievaluasi akan kemungkinan adanya infeksi jamur pada kulit kepala Anda atau penyebab lain yang mendasari. 

Berikut kami lampirkan artikel mengenai rambut rontok dan ketombe:

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar