Sukses

Hipertiroid Bisa Sembuh? Bolehkah Hamil?

03 Aug 2015, 21:05 WIB
Wanita, 28 tahun.

dear klikdokter, 15 bulan setelah melahirkan tepanya bulan oktober 2013 saya didiagnosa hipertiroid, dan setelah kurang lebih 6 bulan saya berobat, kadar T3,T4 dan Tsh sudah normal (pada pemeriksaan tes darah bulan maret 2014) dan sampai saat ini saya belum tes darah lagi. yang ingin saya tanyakan adalah: 1. apakah hipertiroid bisa sembuh total, atau bisa kambuh sewaktu waktu, 2. bisakah dan amankah bila saya ingih hamil lagi dengan riwayat hipertiroid, bagaimana dengan kandungan saya kelak. mohon penjelasannya. terimakasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kelenjar Tiroid adalah kelanjar yang menghasilkan hormon tiroid, hormon yang dibutuhkan oleh hampir semua proses tubuh termasuk proses metabolisme, sehingga perubahan fungsinya (hipertiroid atau hipotiroid) akan berpengaruhatas berbagai peristiwa.

Hipertiroid adalah manifestasi klinis kelebihan hormon tiroid yang beredar dalam sirkulasi darah (tirotoksikosis) yang diakibatkan oleh kelenjar tiroid yang hiperaktif. Akibatnya menimbulkan gejala pada seluruh tubuh;

  • umum; tidak tahan hawa panas, Berat Badan turun
  • saluran cerna; sering lapar, makan banyak
  • otot; rasa lemah
  • reproduksi; menstruai sedikit atau tidak ada sama sekali, libido turun
  • kulit; berkeringat, kulit basah
  • rambut; rontok
  • jantung dan pembuluh darah; berdebar-debar, hipertensi
  • tulang; osteoporosis/keropos
  • saraf; tremor
  • psiskis; labil, iritabel

Prinsip pengobatannya tergantung dari penyebab , usia pasien, riwayat penyakit lainnya, dan tersedianya modalitas pengobatan. Pilihan terapinya bisa dengan obat anti tiroid (karbimazol, metimazol, PTU),  pembedahan (tiroidektomi), atau dengan radioaktif yodium. Jika penyebab telah teratasi dan fungsi hormon tiroid dapat dikontrol, tentunya penderita dapat sembuh dari penyakit ini.

Bila Anda ingin hamil, pastikan Anda dalam keadaan eutiroid (kadar hormon tiroid semua dalam batas normal) oleh karena peningkatan dari hormon hCG dan hormon kehamilan laiinnya dapat meningkatkan hormon tiroid yang dapat memperberat keadaan. Sebaiknya bila merencanakan kehamilan kontrol dahulu ke dokter spesialis penyakit dalam. 

 

Berikut kami sertakan artikel:

Merencanakan Kehamilan 

Sepuluh Cara Meningkatkan Kesuburan

6 Tips untuk Mempercepat Kehamilan

 

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar