Sukses

Komedo dan Bekas Jerawat

23 Jan 2015, 16:27 WIB
Pria, 22 tahun.

Malam Dokter Indonesia, semoga sehat semua, saya ingin nanya nih kenapa kulit wajah saya berkomedo ya dok udah lama gak hilang-hilang terus ada flek bekas jerawat, apakah ada obat yang bisa mengobati hal tersebut dok? terimakasih, semoga yang menjawab panjang umur dan sehat selalu, Aamin.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih karena Anda telah menggunakan fasilitas e-konsultasi dari KlikDokter.com.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Bekas jerawat biasanya dapat berupa jaringan keloid yang menonjol atau berupa lapisan kulit yang masuk ke dalam. Warna kulit kemerahan merupakan tanda bahwa di kulit Anda masih terdapat reaksi inflamasi aktif.

Penanganan bekas jerawat ini sangat tergantung dari luas serta kedalaman bekas jerawat. Pada keadaan ringan, bekas jerawat dapat memudar hanya dengan pemberian hidrokuinon 2% (termasuk dalam dosis aman) hanya tepat pada daerah bekas jerawat.

Selain itu, bekas jerawat juga dapat disamarkan dengan cara pemberian krim malam yang umumnya mengandung asam retinoat, dan apabila masih ada tanda-tanda peradangan biasanya akan ditambahkan krim anti radang yang diresepkan oleh Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin. Cara lain yang dapat memudarkan atau bahkan menghilangkan bekas jerawat yaitu prosedur chemical peeling dan atau mikrodermabrasi. Rangkaian prosedur tersebut (krim malam, chemical peeling, dan mikrodermabrasi) bekerja dengan cara mempercepat proses regenerasi kulit, sehingga sel-sel kulit baru akan lebih cepat timbul. Jangan lupa menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30 untuk melindungi kulit dari paparan UVA dan UVB yang dapat memperburuk kondisi.

Komedo timbul akibat tersumbatnya kelenjar minyak (sebaceus gland), sehingga minyak yang dihasilkan (sebum) tidak dapat dialirkan keluar dan terbentuklah komedo. Sumbatan ini dapat terjadi akibat penumpukan sel kulit mati, akibat produksi minyak yang berlebih, atau akibat penggunaan kosmetik rias ataupun perawatan.

Apa yang harus dilakukan?

  • Rajin mencuci muka minimal 2x sehari dengan sabun yang tidak banyak menghasilkan banyak busa

  • Diet rendah lemak dan karbohidrat

  • Hidup teratur, sehat, olahraga 3x/minggu minimal 30 menit

  • HIndari stress

  • Gunakan kosmetik secukupnya, hindari kosmetik berbahan dasar minyak (foundation, BB cream, bedak padat)

  • Hindari hal yang dapat memacu kelenjar minyak: alkohol, makanan pedas, rokok

  • Hindari polusi udara

  • Hindari pemencetan komedo/jerawat karena dapat memperberat erupsi

Selain itu, Anda dapat melakukan facial (ekstraksi komedo) secara teratur setiap 2 minggu - 4 minggu sekali untuk mengeluarkan komedo. Kami sarankan agar anda melakukan facial (ekstraksi komedo) di dokter spesialis kulit atau di klinik kecantikan kuit yang disupervisi oleh dokter terlatih.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar