Sukses

Ruam di Selangkangan Anak

23 Jan 2015, 22:56 WIB
Wanita, 28 tahun.

ruam pada kulit selangkangan anak saya belum juga sembuh padahal sudah dibawa ke dktr spesialis kulit< bagaimana agar ruam lekas smbh dok

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih telah menggunakan layanan ekonsultasi klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Apakah anak Anda memakai popok? jika iya, bisa disebakan ruam popok. Penyebab lain ruam yang terdapat di sekitar selangkangan kemungkinan disebabkan oleh 2 hal, yaitu dermatitis intertriginosa dan jamur atau kandidosis. Dermatitis intertriginosa adalah peradangan pada kulit di daerah inguinal. Sedangkan kandidosis adalah kelainan kulit yang disebabkan oleh jamur.

Kedua jenis penyakit  kulit ini umumnya dicetuskan oleh daerah kemaluan dan sekitarnya (selangkangan) yang kurang terjaga kebersihannya. Dalam artian daerah tersebut lembab atau memakai pakaian dalam dengan bahan yang tidak menyerap keringat. Yang dapat Anda lakukan adalah menjaga kebersihan daerah kemaluan dengan membasuh kemaluan dan sekitarnya dengan handuk setelah BAB maupun BAK, mengganti pakaian dalam lebih sering (terutama bila berkeringat). 

Pengobatan untuk ruam tersebut akan tergantung dari penyebabnya. Oleh karena itu kami sarankan anak Anda melakukan konsultasi langsung dengan dokter, karena keluhan di kulit memerlukan pemeriksaan fisik secara langsung untuk melihat ujud kelainan kulitnya. 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar