Sukses

Asma Dalam Kehamilan
13 Mar 2015, 11:35 WIB
Wanita, 22 tahun.

dok saya mau tanya, saat ini saya sedang hamil usia 13 minggu. saya punya riwayat penyakit asma, bisakah saya melahirkan secara normal? makanan apa yg perlu saya hindari selama hamil. trims

Terima kasih atas pertanyaan Anda. 

 

Kam mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan, Asma disebabkan oleh reaksi hiper-reaktifitas dari saluran pernafasan yang dapat dipicu oleh beberapa hal seperti alergi, infeksi, atau iritasi. Asma dapat terkontrol, dan pasien jadi tidak bergejala sama sekali.

 

Namun pada kehamilan trimester kedua dan ketiga dapat kambuh terutama pada kehamilan 6 bulan. Bila terjadi kambuh maka Anda diharapkan menggunakan obat asma Anda namun tetap harus dengan resep dari dokter, karena ada beberapa obat asma yang dapat berbahay untuk janin. Sebaiknya selama kehamilan Ibu menghindari hal-hal yang dapat mencetus asma Ibu. 

Asma tidak dapat dihilangkan, namun dapat dikendalikan dengan menghindari pencetus dan mengkonsumsi obat-obat pengendali asma. 

Faktor risiko terbesar asma adalah genetik. Faktor risiko lainnya yang dapat mencetuskan timbulnya asma adalah:

  • alergen (zat yang menyebakan alergi): debu, karpet, bulu binatang, polusi kendaraan
  • asap rokok
  • udara dingin
  • iritasi zat kimia
  • olahraga berlebihan
  • infeksi virus: influenza

Kami sarankan Anda menghindari penggunaan obat tanpa adanya pengawasan dari dokter, terutama saat ini Anda dalam keadaan hamil, karena terdapat beberapa obat yang bersifat bahaya bagi janin. Beberapa resiko yang dapat terjadi apabila Anda sering mengalami  asma dalam kehamilan adalah kehamilan prematur, bayi berat badan rendah, hipertensi hingga pre-eklampsia.

Apabila hingga saat menuju kelahiran asma Anda dapat terkontrol dan tidak kambuh, maka faktor resiko untuk terjadinya gagguan dalam kehamilan akan semakin sedikit, dan Anda tentu dapat melahirkan secara normal. Namun sagat penting saat Anda melahirkan untuk memberitahu dokter dan petugas kesehatan kalau Anda memiliki asma, karena ada beberapa obat yang dpaat memicu munculnya asma setelah Anda melahirkan.

 

Berikut kami sertakan artikel untuk panduan informasi lengkap Anda:

 

Semoga proses kehamilan Anda berjalan dengan baik. Ibu dan bayi sehat selalu. Anda juga dapat mengunjungi Rubrik Kebidanan dan Kandungan yang kami miliki untuk informasi mengenai masa kehamilan. 

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar