Sukses

Terapi Stem Cell Untuk Kerusakan Saraf

04 Jun 2015, 21:27 WIB
Pria, 35 tahun.

Tanya dok. Sy mengalami kecelakaan bermotor akhr thn 2013,tulng blkng sy cidera pada thoracal 9-10, sdh di operasi pmsngn pen scruw juli 2014, namun sampai saat ini sy msh lumpuh pada kedua kaki,bab, berkemih tdk bisa kontrol dan masih pakai keteter. Kaki kadng grk2 sndri refleks dan sering panas dan nyeri rasa dari dlm, apakah dgn ctem cell bisa pulih kmbali minimal pakai tongkat? Mhn pnjelasanx dok.trmksh.i

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Mohon maaf atas keterlambatan kami dalam menjawab konsultasi Anda. Kami sangat senang karena Anda mempercayakan layanan konsultasi kami untuk membantu mengatasi masalah kesehatan Anda.

Saat ini memang telah dikembangkan terapi stem cell untuk mengobati cedera saaf.

Sel punca atau Stem Cell merupakan sel yang memiliki kemampuan untuk memperbanyak diri sendiri dengan menghasilkan sel-sel berkarakteristik sama dengan sel induknya serta dapat berdiferensiasi menjadi berbagai jenis sel dalam tubuh.

Sel punca berdiferensiasi untuk merekrontruksi sel- sel saraf  dan pada saat yang sama pengobatan akan menghasilkan faktor neurotropik saraf, faktor-faktor ini dapat menghambat degenerasi saraf atau meningkatkan regenerasi saraf.

Terapi Sel Punca untuk Cedera Saraf Tulang Belakang ini sekarang sudah dapat dilakukan di Indonesia, di RS Pemerintah dan RS Pendidikan yang telah ditunjuk oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, seperti di RSCM. Anda dapat berkonsultasi langsung dengan dokter anda mengenai rencana terapi ini.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

    0 Komentar

    Belum ada komentar