Sukses

Seputar Asma

23 Jan 2015, 15:42 WIB
Wanita, 23 tahun.

dok..saya mau tnya suami saya kalau kena debu atau sdg flu selalu batuk dan sesak nafasnya berat,kata dokter dekat rumah sampai dianjurkan membeli alat oksigen untuk org kena asma itu saya trauma dok..karena ibu saya baru saja meninggal karena kanker payudara yg menyebar ke paru-paru saya takut kalau suami saya sampai sprti ibu saya

Terima kasih atas pertanyaan Anda 

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Apakah suami Anda terdiagnosa penyakit Asma? Apakah saat sesak Anda mendengar bunyi "ngik-ngik"? 

Asma adalah penyakit kronis (berlangsung lama) yang ditandai oleh sesak napas disertai bunyi ngik-ngik (mengi) dan/atau batuk persisten dimana derajat keparahan setiap orang berbeda-beda. Pada saat serangan yang terjadi adalah menyempitnya jalan napas kita akibat dari pengerutan bronkus yang menyebabkan udara sulit keluar masuk paru. 

Penyebab dari asma belum sepenuhnya dimengerti. Namun faktor risiko yang dapat mencetuskan timbulnya asma adalah, alergen (zat yang menyebakan alergi), infeksi, cuaca, kegiatan jasmani dan iritan. Asma tidak dapat disembuhkan, namun dapat di kontrol dengan tata laksana yang tepat.

Penyebab dari asma belum sepenuhnya dimengerti , beberapa zat atau bahan yang dapat mencetuskan timbulnya serangan adalah:

  • Benda-benda dalam ruangan (tungau debu rumah dalam kasur, karpet, dan perabotan kotor dan bulu binatang)
  • Benda-benda di luar ruangan (polusi, asap buangan pabrik)
  • Asap rokok
  • Refluks gastroesofagus (sering muntah)
  • Udara dingin, emosi yang berlebihan seperti marah atau ketakutan dan olahraga juga dapat mencetuskan serangan asma. Bahkan beberapa obat seperti aspirin dan obat anti inflamasi lainnya dan beta bloker juga dapat mencetuskan serangan.

 

Jika benar suami Anda menderita Asma, pada dasarnya penanganan asma yang paling efektif adalah dengan menghindari faktor-faktor pencetus asma dan menggunakan obat asma untuk mengurangi pembengkakan saluran pernafasan. 

Mengenai obat yang dianjurkan oleh dokter suami Anda menurut kami mungkin yang dimaksud dokter tersebut adalah memberikan inhaler saat terjadi serangan asma,inhaler ini berbeda dengan tabung oksigen seperti yang Anda maksud. Inhaler berfungsi sebagai pelega saluran pernafasan yang berbentuk kecil dan dapat dibawa dengan mudah. Namun untuk dapat memastikan, Anda dapat menanyakan kembali dengan dokter suami Anda.  

Berikut kami sertakan artikel mengenai asma untuk menambah informasi Anda: 

Asma

 

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat.

Salam sehat,

    0 Komentar

    Belum ada komentar