Sukses

Telapak Tangan Kuning

08 Aug 2015, 09:32 WIB
Wanita, 20 tahun.

telapak tangan suami saya tiba tiba menguning seperti habis memeras kuyit/memgang besi tua , ini sudah terjadi beberapa kali dgn jarak waktu yg sangat lama, ini bisa hilang dgn sendirinya bisa datang dgn sendirinya , ini sudah terjadi 4x , jarak 1-2 berjarak beberapa bulan, dan jarak 3-4 hanya berjarak 1bulan saja . ini kenapa ya dok ? tolong di jelaskan . terima kasih

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi KlikDokter.

Kami memahami kekhawatiran yang anda rasakan. Adakah area tubuh lain yang juga menjadi kuning? misalnya pada mata suami anda?

Mata ataupun kulit yang dikeluhkan terlihat agak kekuningan perlu diperiksakan langsung ke dokter. Sejak kapan keluhan ini terjadi? Jika hal ini belum lama terjadi maka perlu ditelusuri lebih jauh mengenai kondisi kesehatan suami Anda saat ini. Mungkin diperlukan pemeriksaan darah untuk mengetahui kadar bilirubin (pigmen yang diproduksi hati yang dapat membuat keluhan kulit dan mata berwarna kuning) dalam darah suami Anda.

Wortel dan Pepaya merupakan sayur dan buah yang mengandung karoten yang merupakan pigmen alami (merah, kuning, oranye) yang larut dalam lemak namun tidak larut dalam air. Konsumsi dalam jumlah berlebihan memang dapat menyebabkan warna kulit menjadi kekuningan mulai dari telapak tangan, telapak kaki dan bagian tubuh lainnya, namun konsumsi yang wajar tidak akan mempengaruhi warna kulit. Memang sebaiknya wortel tidak dikonsumsi setiap hari karena dapat menyebabkan kelebihan beta karotenemia dalam darah dan menyebabkan kulit menjadi berwarna kuning.

Beta karoten merupakan cikal bakal vitamin A, untuk memastikan anak Anda tetap mendapatkan asupan vitamin A, Anda dapat memberikan makanan sumber vitamin A lainnya seperti brokoli dan bayam.

Selain itu, mata atau kulit yang tampak kuning juga dapat disebabkan karena penyakit hepatitis. Kami sarankan agar suami Anda melakukan pemeriksaan dan konsultasi ke dokter spesialis penyakit dalam agar dapat diketahui penyebab dari keadaan kuning suami Anda. 

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar