Sukses

Gatal di Kaki dan Tangan

30 Jan 2015, 14:56 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dok sy mengalami gatal di kulit kaki.karena alergi daging.kmaren sudah ke dokter.alhamdulilah sembuh. Hanya saja selama mengkonsumsi obat. Daerah lain seperti tangan dada perut dan punggung. Justru gatal dan meluas dok.rasanya gatal dan panas It apa karna ndak cocok sama obtnya/ apa dok? Tolong dok., semakin lama semakin meluas, terimakasih

 Terima kasih atas pertanyaan anda.

Saya mengerti bahwa anda merasa terganggu dengan keluhan yang anda alami. Sejak kapan keluhan dirasakan? Bagian tubuh manakah yang terasa gatal? Apakah ada pemicunya? Bagaimana dengan kondisi kulit Anda, apakah termasuk kulit kering? Produk kulit atau sabun apa yang Anda gunakan saat ini? Apakah Anda atau salah satu anggota keluarga Anda memiliki riwayat alergi?

Keluhan gatal di kulit dapat disebabkan oleh berbagai penyebab. Berdasarkan keluhan Anda, kemungkinan penyebab masih cukup banyak, dapat akibat alergi, dermatitis, infeksi jamur, pitiriasis rosea atau psoriasis. 

  1. Dermatitis merupakan peradangan pada kulit yang dapat disebabkan karena faktor dari luar (bahan kimia,sinar matahari, dll) maupun dari dalam (makanan). Dermatitis atopi merupakan penyebab tersering, hal ini disebabkan oleh alergi dan sering terjadi pada seseorang yang memiliki kulit kering.
  2. Infeksi jamur (tinea cruris)--> keluhan seperti gatal, merah, terasa seperti terbakar, terkadang ada luka seperti jerawat, atau luka menonjol, terjadi penebalan kulit. Pada jamur, penting untuk menjaga agar daerah gatal tidak lembab dengan membersihkan dengan bersih, mengeringkan, dan mengganti baju bila sudah berkeringat. Lalu coba untuk memakai baju yang menyerap keringat dan hindari penggunaan handuk atau baju dengan orang lain. 
  3. Peradangan kulit akibat keringat (dermatitis seborrhoeic) --> Suatu bentuk peradangan kulit yang menyebabkan gatal pada daerah-daerah yang berkeringat banyak, seperti daerah kepala, selangkangan, atau wajah. Biasanya disebabkan oleh jamur (jenis jamur berbeda dengan infeksi jamur diatas), kekurangan vitamin, genetis, dan hormonal.

Karena banyak sekali penyebab gatal, maka Anda harus lebih spesifik menjelaskan keluhan Anda. Seperti bagian tubuh mana yang gatal, gambaran kelainan kulit, pemicu gatal, dan lain-lain. Jika gatal sudah lebih dari 1 tahun dan hilang timbul dan ada pemicunya (stres, debu, suhu, dll), maka kemungkinan besar penyebab gatal tersebut adalah alergi (dermatitis atopi).

Kulit yang kering dan kasar sangat rentan terkena gatal. Kulit jenis ini umum ditemukan pada penderita dermatitis atopi. Yang dapat Anda lakukan adalah:

  • Pilih sabun bayi yang mengandung banyak moisturizer

  • Gunakan pelembab pada tangan 

  • Hindari penggunaan sabun mandi yang mengandung antiseptik karena akan membuat kulit semakin kering

  • Jagalah daerah yang gatal dari garukan atau gesekan

  • Biasakan untuk menggunakan pakaian yang dapat menutupi lengan dan tungkainya dan gunakan pakaian yang menyerap keringat. Hindari pakaian yang memicu gatal seperti bahan wool.

Pengobatan yang sering diberikan adalah kortikosteroid topikal (oles) 1x/hari malam hari dan antihistamin (anti gatal: CTM, loratadin, cetirizine). Namun yang terpenting adalah menjaga kesehatan kulit anak Anda agar keluhan tidak timbul kembali, antara lain dengan memerhatikan faktor-faktor di atas yang diduga berpengaruh.

Karena kemiripan jenis kelainan kulit maka diperlukan pemeriksaan langsung oleh dokter dengan wawancara medis mendetil dan pemeriksaan fisik langsung. Bila diperlukan, dokter juga akan melakukan pemeriksaan penunjang (laboratorium). Untuk itu jika keluhan dirasa mengganggu, kunjungilah dokter spesialis kulit untuk diagnosis tepat dan penanganan medis yang sesuai.

Jangan garuk kulit apabila terasa gatal atau mengoleskan obat / minyak tanpa petunjuk Dokter, karena tindakan ini dapat memperparah kondisi.

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat dan anda lekas sembuh (DK)

Salam, 

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar