Sukses

Sperma Keluar dari Kondom

22 Jan 2015, 09:44 WIB
Pria, 27 tahun.

selamat malam dokter,saya mau tanya. pada tanggal 10 januari 2015 saya melakukan hubungan dengan pacar saya tapi saya memakai kondom. waktu saya ejakulasi saya benamkan Mr.P saya ke Ms.V pacar saya, setelah beberapa detik saya melihat sperma saya naik keatas kepangkal penis saya tapi saya tidak tahu sperma saya sampai keluar kondom atau tidak. apakah sperma yg keluar dari kondom bisa menyebabkan kehamilan?kemudia pacar saya telat haid sekitar 5 hari, kemudian tanggal 21 Januari '15 pagi pacar saya haid tp sore nya sudah bersih. apakah pacar saya hamil?sekian pertanyaan dari saya.terima kasih dokter.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Apakah Anda sudah memeriksakan dengan test pack?  Kehamilan dapat diperiksa dengan test pack 1 hari setelah haid terlambat, meskipun terkadang masih mungkin belum dapat terdeteksi karena kadar hormon kehamilan yang diperiksakan masih rendah. Bila hasilnya agak meragukan (belum terdeteksi), test pack dapat Anda ulang minggu depan atau 2 minggu lagi, bila haid tidak juga datang. Bila memang negatif, berarti kemungkinan besar tidak ada kehamilan. 

Kehamilan dapat terjadi pada hubungan seks yang dilakukan dengan cara penetrasi penis ke dalam vagina yang dilakukan dalam masa subur. Walaupun Anda menggunakan kondom, ada kemungkinan sperma keluar dari kondom ataupun kondom tersebut bocor. Jika hal ini terjadi, maka kehamilan mungkin saja terjadi. Oleh karena itu, untuk menghindari hal-hal seperti kehamilan yang tidak diinginkan, sebaiknya Anda hindari hubungan seks itu sendiri. Selain berisiko juga dapat terjadi penyakit menular seksual. Untuk menghindarinya, sebaiknya Anda dan pacar Anda melakukan kegiatan yang lebih positif seperti beribadah, berolahraga, dsb. Atau bila hasrat seksual Anda tidak tertahankan, tidak ada salahnya Anda menyalurkannya dengan lebih mulia yaitu menikah. 

Oleh karena itu kami sarankan pacar Anda untuk melakukan pemeriksaan dengan test pack atau memeriksakan langsung ke dokter spesialis kandungan. 

Tanda-tanda kehamilan lainnya terdiri atas tanda kehamilan tidak pasti dan tanda kehamilan pasti. Berikut penjelasannya:

Tanda dan Gejala Kehamilan

Tanda-tanda kehamilan tidak pasti yang dialami dapat bervariasi setiap individunya, antara lain:

  •  sering berkemih

  •  pembesaran dan nyeri payudara

  •  mual

  •  perasaan lelah

  •  daerah sekitar puting susu menghitam

  •  peningkatan suhu tubuh

  •  flek perdarahan karena perlekatan hasil pembuahan ke dinding rahim

Sedangkan tanda pasti kehamilan (obyektif) adalah:

  •  terasa bagian janin serta gerak janin pada perabaan

  •  terdengar bunyi jantung janin pada auskultasi

  •  terlihat gambaran janin pada USG atau scanning

Baca pula artikel artikel berikut untuk menambah informasi Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda. (NO)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar