Sukses

Penyakit Jantung

22 Jan 2015, 09:35 WIB
Wanita, 37 tahun.

Mohon info ttg penyakit dalam, terutama penyakit jantung, terimakasih

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda. 

Apakah yang ingin Anda tanyakan mengenai penyakit jantung? Penyakit jantung memiliki definisi yang luas mencakup penyakit jantung bawaan, penyakit jantung koroner, atau penyakit gagal jantung. Untuk menjawab pertanyaan Anda dengan lebih baik, kami akan memperkecil area diskusi. Karena penyakit jantung koroner termasuk penyakit jantung yang sering terjadi dan membahayakan, maka kami akan membahas serangan jantung sebagai salah satu gejala penyakit jantung koroner.

Meskipun jarang, serangan jantung dapat menyerang wanita pada usia muda, antara 20-30 tahun. Semakin meningkat usianya, maka semakin tinggi risiko terjadinya serangan jantung. Apalagi jika disertai dengan faktor-faktor risiko seperi merokok, mengalami penyakit hipertensi, gula, atau kolesterol tinggi.

Beberapa gejala serangan jantung pada wanita yang tidak khas dan harus diwaspadai adalah:

  1. Nyeri dada seperti ditekan benda berat yang dapat terjadi di seluruh bagian dada yang terjadi selama beberapa menit atau hilang timbul.

  2. Nyeri di daerah salah satu atau kedua lengan, punggung atas, leher dan rahang yang tidak jelas penyebabnya seringkali berupa keluhan seperti diikat tali dengan kuat.

  3. Nyeri di daerah ulu hati atau rasa tertekan benda berat pada daerah perut atas.

  4. Sulit bernapas dengan nyeri dada atau tanpa nyeri dada.

  5. Mual dan muntah tanpa sebab yang jelas.

  6. Pusing, rasa melayang, pingsan, gangguan tidur tanpa sebab yang jelas.

  7. Keringat dingin yang berlebihan.

  8. Rasa lelah meskipun ketika sedang duduk atau beristirahat.

Apakah Anda mengalami gejala-gejala seperti yang di atas?

Bila Anda mengalami gejala-gejala di atas, Anda memang harus lebih waspada. Sayangnya, diagnosis baru dapat ditegakkan setelah melakukan wawancara medis mendetil, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang yang diperlukan seperti misalnya pemeriksaan EKG atau rontgen dada. 

Untuk itu, jika Anda merasakan keluhan yang mengganggu dan merasa khawatir, kami sarankan Anda melakukan pemeriksaan kesehatan menyeluruh. Dengan demikian Anda dapat mengetahui status kesehatan Anda dan dapat memutuskan dengan segera penanganan apa yang terbaik untuk kesehatan Anda, tentunya bersama dengan dokter. Kami sertakan artikel-artikel berikut ini:

Inilah Bagaimana Medical Check Up Menyelamatkan Nyawa Anda!

Kapan Anda Memerlukan Medical Check Up?

5 Medical Check Up Wajib untuk Wanita

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (NO)

Salam sehat selalu,

Tim Redaksi KlikDokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar