Sukses

Sinar UV

08 Aug 2015, 10:48 WIB
Pria, 29 tahun.

Salam, dok apakah sinar UVA dan UVB bisa menembus pakaian warna hitam? sy hobi kegiatan outdoor. apakah aman bagi kulit saat memakai pakaian penutup wajah dan tangan berwarna hitam untuk perjalanan siang hari?

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pakaian hitam merupakan warna yang dapat menyerap sinar dan panas matahari.

Sinar matahari merupakan sumber radiasi ultravioletyang bisa merusak sel-sel tubuh. Pemaparan berlebihan dalam waktu singkat menyebabkan luka bakar karena matahari. Pemaparan jangka panjang menyebabkan penebalan lapisan kulit paling atas dan peningkatan pembentukan pigmen oleh sel-sel penghasil pigmen. Pigmen (melanin) merupakan zat pelindung alami yang menyerap energi dari sinar ultraviolet dan mencegah masuknya sinar ke jaringan yang lebih dalam.

Untuk meminimalisir kerusakan dari paparan sinar matahari adalah menghindari atau mengurangi terkena sinar matahari langsung dalam jangka waktu lama. Kepekaan yang berlebihan terhadap sinar matahari harus diatasi dengan menggunakan pakaian pelindung (sebaiknya pilih yang warna cerah), guna menghindari paparan sinar matahari langsung serta ditambah penggunaan tabir surya secara tepat, dengan demikian akan membantu mengurangi kulit terpapar langsung sinar matahari.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar