Sukses

Haid Berupa Bercak

28 Jan 2015, 16:44 WIB
Wanita, 20 tahun.

dok. saya setiap bulan itu menstruasi, tapi kok yang keluar cuma bercak aja, kadang warno coklat kekuningan. kadng 4hri,tp sedikit . ini sebenrenya saya menstruasi atau tdk yah,, selama sampe pernah saya kira ga menstruasi, tp setelah di ingat, kemrinnya saya mengalami hal seperti itu, normalkah dok, trimakasih

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Apakah terdapat keluhan yang menyertai seperti nyeri, gatal pada kemaluan, dan lainnya? Darah haid terdiri dari 3 komponen yaitu cairan darah, lendir, dan jaringan dinding rahim (endometrium). Warna darah haid tidak selalu merah segar, tetapi bisa berwarna agak kecoklatan atau kehitaman. Hal ini dipengaruhi oleh keadaan asam/basa dan cairan vagina.

Darah haid akan berwarna merah segar jika komposisi darah lebih banyak, warna kecoklatan hingga kehitaman jika jaringan yang lebih banyak. Jumlah darah haid dan komponennya pun bisa berubah, tergantung kondisi perempuan saat mengalami haid. Wanita dengan anemia atau kadar hemoglobin rendah biasanya warna darah haid lebih gelap sampai kehitaman.

Yang terpenting untuk diperhatikan bukanlah warna darah, tapi siklus menstruasi, durasi, dan volume perdarahan. Siklus menstruasi normal berlangsung selama 21-35 hari, selama 2-8 hari, dan volume darah haid yang berkisar 20-60 ml per hari (1-6 pembalut per hari). Jadi Anda tidak perlu khawatir jika siklus menstruasi, durasi, dan volume perdarahan masih dalam batas normal.

Perlu juga diperhatikan, jumlah menstruasi yang sedikit dapat dipengaruhi oleh perubahan hormonal. Perubahan tersebut dapat berupa fluktuasi normal. Hal ini juga dapat dipengaruhi keadaan tertentu seperti stress fisik dan emosional atau pun karena pengaruh diet yang kurang bernutrisi. Namun apabila hal ini berlangsung terus menerus, kami sarankan Anda menemui dokter spesialis kebidanan dan kandungan agar ditelusuri penyebab yang mendasari, disertai pengobatan yang optimal.

Berikut adalah artikel terkait pertanyaan Anda:

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam, 

Tim Redaksi KlikDokter.

0 Komentar

Belum ada komentar