Sukses

Bersin-bersin karena Alergi

22 Jan 2015, 11:29 WIB
Pria, 23 tahun.

salam Dok, saya ingin menanyakan tentang pilek yg saya alami, sdh bertahun-tahun pilek saya gak sembuh, setiap bangun tidur atau mau tidur pasti bersin-bersin lalu hidung saya meler, tapi pada siang hari itu gak terjadi. sudah ke dokter katanya sih alergi, tapi waktu saya pergi ke jawa tepatnya ke Kediri pilek saya sembuh total selama 1 bulan penuh, dan ketika saya kembali lagi ke Jambi 1 minggu berselang pilek saya kambuh lagi dan akhir2 ibni semakin parah. jadi saya harus gimana Dok? obat/antibiotik apa yg sebaiknya saya minum? terima kasih,,,

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan saat ini. Sering flu atau pilek yang berkepanjangan dapat disebabkan oleh beberapa hal, salah satunya adalah alergi. Alergi dapat disebabkan oleh banyak hal, dimana untuk mengetahuinya diperlukan pemeriksaan khusus atau prick test pada kulit. Pada pilek akibat alergi (rhinitis alergi), pilek terutama dipicu oleh hal-hal yang membuat kita alergi. Bagaimana dengan lingkungan Anda saat di Kediri? apakah banyak pepohonan dan jauh dari polusi? karena daerah tempat tinggal dengan udara bersih, bebas polusi sangat berpengaruh pada penderita alergi. Biasanya penderita alergi akan cenderung lebih sehat saat di daerah tersebut. Alergi dapat akibat debu, dingin, makanan, asap, tungau, dan lain sebagainya.

Terapi yang dapat dilakukan antara lain :

  • Dengan menghindari kontak dengan allergen penyebab, dalam kasus Anda berarti udara dingin di pagi hari dan debu sebagai pencetus terjadinya alergi. Anda dapat menggunakan baju hangat ketika tidur, jangan menggunakan kipas angin/AC, memakai selimut untuk tidur, hindari paparan debu.
  • Pengobatan, dengan menggunakan obat anti alergi golongan antihistamin H-1, yaitu obat yang sering dipakai sebagai lini pertama dalam pengobatan rhinitis alergi atau dengan kombinasi dekongestan oral. Obat golongan kortikosteroid dipilih jika tidak berhasil diatasi oleh obat lain.

Pemberian obat-obatan dalam mengobati rhinitis alergi sebaiknya selalu berada di bawah pantauan dokter untuk menghindari efek samping yang dapat ditimbulkan akibat penggunaan obat yang tidak sesuai. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai penyakit ini, anda dapat membaca artikel kami yang berjudul Rinitis Alergi.

Penyakit lain adalah sinusitis, pada kondisi sinusitis terjadi pilek yang berwarna hijau yang tidak sembuh-sembuh, disertai nyeri kepala, terkadang bau mulut, serta nyeri pada daerah-daerah sinus (rongga wajah di daerah pipi dan dahi) bila ditekan. Pilek akibat sinusitis memerlukan beberapa pemeriksaan seperti foto rongga sinus. Pengobatannya adalah dengan pemberian antibiotik yang cukup lama, mengencerkan dahak serta terkadang dilakukan uap dan pemanasan pada wajah. Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai penyakit ini, Anda dapat membaca artikel kami yang berjudul Sinusitis.

Kami sarankan Anda memeriksakan diri ke dokter spesialis THT untuk melakukan kontrol terhadap kondisi yang Anda alami. Penaganan alergi memang susah-susah gampang karena hal terpenting adalah menghindari pemicu.

Demikian informasi yang kami dapat sampaikan, semoga bermanfaat. (AAS)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar