Sukses

Keluhan Mata

21 Jan 2015, 21:29 WIB
Pria, 23 tahun.

pagi dok, akhir-akhir ini saya mendapat masalah dengan mata kanan saya, ketika saya bangun tidur terasa pedih sekali dan ketika saya kucek lalu malah sakit, seharian saya terus mengeluarkan air mata, ada yang bilang dikencingi kecoa, lalu setelah seminggu saya obati pakai obat cendo Xitrol, saya merasa sedikit baikan tapi masih Blur dan kabur pandangan saya, apakan ini proses yang normal-normal saja dok?, atau ada rekomendasi yang harus saya lakukan? mohon Jawabanya, terimakasih

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami mengerti kekhawatiran yang Anda rasakan. Mata gatal dan berair dapat terjadi akibat beberapa hal, diantaranya :

  • Alergi
  • Kojungtivitis, baik konjungtivitis bakteri, konjungtivitis virus, dll
  • Mata kering akibat kurangnya air mata
  • Entropion, yaitu suatu kondisi dimana bagian tepi kelopak mata melipat kedalam sehingga bulu mata menggesek permukaan mata. Biasa terjadi pada orang tua.
  • Dll.

Sedangkan mata kotor atau belekan (mengeluarkan sekret) merupakan salah satu gejala dari infeksi konjungtiva mata (konjungtivitis). Apabila sekretnya cair maka kemungkinan disebabkan oleh virus atau alergi, bila sekret purulen atau berwarna kekuningan maka disebabkan oleh bakteri, apabila sekret serosa (tidak terlalu  kental) maka disebabkan oleh adenovirus. Dan apabila sekret lengket dan memanjang bila ditarik maka kemungkinan disebabkan oleh alergi atau vernal.

Bisa saja keluhan Anda terkait dengan adanya infeksi dari konjungtiva mata, namun ini hanya dugaan sementara saja karena banyaknya kemungkinan penyebab terjadinya mata gatal, belekan dan berair maka untuk memastikan perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk memastikan penyebab timbulnya keluhan gatal pada mata Anda. Pengobatan akan diberikan sesuai dengan diagnosis yang ditegakkan oleh dokter melalui wawancara dan pemeriksaan mata secara langsung. Jika mata gatal disebabkan oleh alergi dokter akan memberikan obat anti alergi (antihistamin) atau tetes mata steroid, jika disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus maka dokter akan memberikan tetes mata antibiotik atau antivirus, jika disebabkan oleh berkurangnya air mata maka dokter akan memberikan air mata buatan, dan lain sebagainya.

Periksakanlah mata Anda secara langsung ke dokter. Penegakkan diagnosis yang lebih dini akan memberikan hasil yang lebih baik.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam sehat,

0 Komentar

Belum ada komentar