Sukses

Mengatasi Kebotakan

21 Jan 2015, 21:40 WIB
Pria, 28 tahun.

Obat untuk mengatasi masalah kebotakan

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Penyebab kebotakan ada 2 yaitu androgenetic alopecia dan alopecia areata. Androgenic alopesia disebabkan keturunan dengan kebotakan yang memiliki pola. Umumnya rambut menipis di sisi depan, samping, atau atas. Kedua, alopecia areata adalah kebotakan yang umumnya kecil, bulat, halus di bagian kepala atau tubuh dan disebabkan oleh penyakit autoimun. Penyebab lain bisa obat-obatan, nutrisi yang kurang, penggunaan alat perawatan rambut, dan infeksi pada kepala.


Jika rambut Anda sudah rontoh sekitar lebih dari 100 helai rambut/hari, terdapat beberapa hal yang dapat menjadi faktor penyebab, yaitu faktor herediter (keturunan) dan faktor yang didapat (karena penyakit atau keadaan tertentu). Rambut rontok yang disebabkan oleh faktor herediter, tidak dapat disembuhkan, yang dapat dilakukan adalah mencegah agar kerontokan rambut  tidak terlalu cepat.  Sedangan untuk faktor yang didapat, dapat disebabkan oleh karena penyakit tertentu seperti jamur pada kulit kepala, anemia, demam, sakit tifus ataupun akibat keadaan-keadaan tertentu seperti salah perawatan rambut. Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, untuk mencegah kerontokan rambut seperti :


 

-          banyak makan makanan yang banyak mengandung protein dan zat besi

-          hindari stres

-          hindari obat-obatan yang mengganggu pertumbuhan rambut

-          rajin olah raga untuk memperlancar peredaran darah

-          cukup istirahat

-          stop merokok (pada yang merokok)

-          hindari pemakaian pengering rambut dan keramas dengan air panas

-          hindari pemakaian bahan - bahan kimia di rambut 

Bila hal-hal tersebut telah Anda lakukan, tapi kerontokan tidak kunjung berkurang, segeralah berkonsultasi ke Dokter Spesialis Kulit untuk dievaluasi .

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai makanan yang dapat dikonsumsi untuk mencegah rambut rontok, Anda dapat membaca artikel yang berjudul Makanan Cegah Rambut Rontok.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. 

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

0 Komentar

Belum ada komentar