Sukses

Kapan Waktu Untuk Olahraga Yang Baik?

10 Aug 2015, 21:22 WIB
Pria, 22 tahun.

Dok saya minta saran dong Sebaiknya waktu untuk olahraga itu pagi, sore atau malam ya Lalu makann yg baik dikonsumsi sblum & sesudah apa ya??

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Olahraga bukan hanya mengenai waktu, tapi juga mengenai jenis, lama, dan tempat olahraga, juga dengan siapa Anda berolahraga. Keempat hal tersebut dapat mempengaruhi konsistensi Anda dalam berolahraga.

Masalah kapan waktu yang baik, sebenarnya tidak ada perbedaan (pagi, sore atau malam) jika dibandingkan dengan efek olahraga yang dilakukan secara konsisten.

Jika Anda bukan orang yang bisa bangun pada pagi hari, maka tidak perlu olahraga pada pagi hari. Carilah waktu dimana Anda bisa secara konsisten berolahraga minimal 3x/minggu selama minimal 30 menit pada setiap sesinya. Misalnya sore hari saat pulang kerja atau sekolah.

Olahraga pada malam hari kurang dianjurkan karena tubuh sebaiknya berada pada keadaan istirahat menjelang tidur, dimana tidak ada peningkatan suhu tubuh atau denyut jantung. Olahraga pada malam hari dikhawatirkan akan mengganggu kualitas tidur.

Jika ingin menurunkan berat badan, olahraga pada pagi hari sebelum sarapan mungkin akan membantu. Hal ini karena jumlah kalori dan lemak yang dibakar akan lebih banyak.

Selain itu, olahraga pagi hari juga dapat membuat kita lebih disiplin waktu dan mengurangi kemungkinan gangguan dari kegiatan yang tak terduga pada siang atau sore hari yang menyebabkan kita menunda atau batal berolahraga.

Sekali lagi yang perlu diingat, kuncinya adalah olahraga kapan pun Anda bisa, baik pagi, siang atau malam. Tujuan utamanya adalah tubuh bergerak sebanyak mungkin.

Demikian, semoga informasi ini bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar