Sukses

Mengenai Rahim Kering

12 Mar 2015, 10:49 WIB
Wanita, 19 tahun.

selamat sore dok, maaf sebelumnya, sya mau tanya apakah wanita yang suka makanan pedas-pedas dan sudah pernah mengikuti program KB suntik, bisa menyebabkan rahim kering? jawaban dokter sgt saya tunggu2. terima kasih

dr. Citra Roseno

Dijawab Oleh:

dr. Citra Roseno

Ibu/Saudari yang terhormat. Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran Anda. Sebenarnya, dunia kedokteran tidak mengenal istilah rahim kering. Ungkapan tersebut digunakan oleh masyarakat awam untuk memperhalus istilah ‘kemandulan’ di mana mereka mengibaratkan rahim yang tidak bisa mengandung sebagai ladang gersang yang tidak bisa menghasilkan panen.

Kesulitan seseorang untuk hamil memang dapat disebabkan oleh beberapa faktor yang terjadi pada rahim maupun organ kewanitaan disekitarnya.

  • Masalah pada saluran indung telur (sumbatan, infeksi, peradangan)
  • Gangguan keseimbangan hormon
  • Masalah pada mulut rahim (infeksi, penyempitan, kelainan selaput lendir)
  • Masalah pada rahim (polip, mioma, kelainan bentuk rahim)

Konsumsi makanan pedas hingga saat ini belum terbukti mempengaruhi kesuburan seseorang. Sementara penggunaan KB, apabila tidak teratur dapat memicu gangguan keseimbangan hormon, yang nantinya akan mengganggu usaha untuk mendapatkan keturunan.

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Untuk pemeriksaan lebih lanjut, Ibu dapat memeriksakan diri kepada dokter spesialis kebidanan dan kandungan. Semoga bermanfaat.

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar