Sukses

Pembunuh Sperma

23 Jan 2015, 22:24 WIB
Wanita, 23 tahun.

Slamat sore Dok . . . saya sdh menikah selama 7 thn. Tpi belum diberi keturunan, setelah periksa ke dokter spesialis. Katanya suami saya pernah memperbesar penis dengan menggunakan suntikan silicon, yg mengakhibatkan spermanya mati, tetapi teman² nya yg saat itu suntik silicon jga skrng bisa pnya anak, dan yg jdi pertanyaan saya dok, adakah penyebab lain yg dapat membunuh sperma. Selain suntikan silicon . . . mohon keterangannya . . . makasih dok . . .

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kami memahami kekhawatiran Anda dan pasangan saat ini. Kemandulan atau Infertilitas pada Pria dapat disebabkan oleh berbagai hal:

1. Kualitas soerma yang buruk (kualitas sperma menentukan terjadinya kehamilan. Hal ini menyangkut bentuk dan gerakan sperma yang tidak sempurna.)

2. Kelainan genetik

3. Gangguan hormon (Hormon testosteron yang terganggu dapat menghambat produksi sperma)

4. Impotensi (Penyebab lainnya infertilitas pada pria yang mengakibatkan wanita sulit hamil yaitu impotensi. Jika aliran darah ke penis tidak normal maka penis tidak akan berdiri dan berejakulasi.) 

5. Saluran sperma tersumbat dan varikokel

 

Pengobatan yang dilakukan

Pemilihan pengobatan untuk infertilitas umumnya berdasarkan pada berapa lama terjadinya infertilitas, penyebab infertilitas dan faktor usia. Untuk pria, bila penyebab infertilitasnya adalah gangguan seksual seperti impotensi atau ejakulasi dini bisa diatasi dengan pemberian obat atau perubahan perilaku. Bila penyebabnya adalah produksi sperma yang kurang, biasanya dilakukan tindakan pembedahan, pemberian obat hormon reproduksi, atau dengan bantuan teknologi reproduksi (assisted reproductive technology/ART). Apakah suami Anda sudah melakukan pemeriksaan analisa sperma?

Bila penyebab infertilitas sudah cukup parah dan tidak bisa diatasi dengan pemberian obat ataupun pembedahan, maka tindakan yang diambil adalah dengan ART seperti in vitro fertilization (IVF), meningkatkan ejakulasi dengan stimulasi elektrik atau vibrator, aspirasi sperma dengan pembedahan, intracytoplasmic sperm injection (ICSI), danassisted hatching.

Pencegahan yang dapat dilakukan

Untuk pria:

  • Hindari kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol yang berlebihan

  • Jangan terlalu sering berendam air panas atau bersauna (suhu tinggi bisa mempengaruhi produksi dan gerakan sperma, meski bersifat sementara)

Kualitas sperma dipengaruhi oleh beberapa faktor pada pria seperti usia, makanan dengan gizi kurang adekuat, stress, obesitas, obat-obat,merokok, pestisida yang terdapat dalam makanan. Kami menganjurkan agar Anda berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis andrologi. 

Berikut beberapa artikel lain yang mungkin dapat menambah informas Anda:

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat dan semoga Anda berdua lekas dikaruniai pasangan. (NO)

Salam,

Tim Redaksi Klikdokter

    0 Komentar

    Belum ada komentar