Sukses

Apakah Kanker Serviks Diturunkan ?

10 Aug 2015, 22:09 WIB
Wanita, 19 tahun.

Dokter, 2 th yg lalu ibu sy meninggal krna CA.CERVIX, belakangan ketika sy bab beberapa kali mengluarkan darah. Persis spt ibu sy dlu, apakah sy beresiko terkena kanker yg sama spt almarhum ibu sy? Berpa persen sy bs terkena resiko yg sama? Ataukah ada mslah yg lain? Sy mau priksa takut dok

dr. Suci Dwi Putri

Dijawab Oleh:

dr. Suci Dwi Putri

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi klikdokter.

Kanker memang merupakan penyakit yang dapat diturunkan oleh gen. Jadi seorang anak dapat mendapatkan gen dari Ibu ataupun Bapak, bila Ibu atau bapak membawa gen kanker maka dapat diturunkan ke anak.

Untuk permasalahan kanker serviks, kanker serviks itu 90% disebabkan oleh infeksi virus HPV, selain virus ini bisa juga disebabkan oleh terlalu muda memiliki anak, terlalu banyak anak dan merokok. Virus HPV ini ditularkan melalui hubungan seksual, jadi penyebab kanker serviks sering dipengaruhi bukan dari genetis namun dari efek kehidupan kita sehari-hari. 

Jadi walaupun kanker dapat diturunkan melalui materi genetis, namun pertumbuhan kanker pun dipengaruhi oleh kehidupan kita sehari-hari. Untuk mencegah kanker yang dapat Anda perhatikan juga adalah makanan (hindari makanan siap saji, perbanyak makanan seperti sayur dan buah), olahraga secara teratur, hindari merokok, hindari hubungan seksual yang bebas, banyak konsumsi air putih dan untuk mencegah kanker serviks pun saat berusia remaja dapat dilakukan vaksin HPV (vaksin untuk virus penyebab kanker serviks).

Berikut kampi lampirkan artikel mengenai pola hidup sehat:

Demikian informasi yang dapat kami berikan. Semoga bermanfaat.

 

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar