Sukses

Makanan untuk Wajah Berjerawat

21 Jan 2015, 11:33 WIB
Pria, 20 tahun.

Makanan apa saja yang bisa mempercepat penyembuhan jerawat..

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter.

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Pengaruh makanan terhadap jerawat ini memang masih banyak diperdebatkan dan seringkali ditemukan hasilnya individual, namun, jika setelah dicoba dalam jangka waktu tertentu memberikan hasil yang terbaik, maka sebaiknya diet rendah lemak, rendah karbohidrat dan konsumsi produk susu yang terkontrol harus dipertahankan. Makanan hanya menyumbang sekitar 25% sebagai penyebab timbulnya jerawat. Sekitar 75% jerawat disebabkan oleh gangguan hormon, stres, kurang tidur dan faktor lingkungan serta produk kecantikan yang dipilih. 

  • Konsumsi makanan rendah karbohidrat dapat mempengaruhi kontrol hormonal pada jerawat sehingga jerawat dapat membaik. Kadar gula dalam darah yang terkontrol dapat memperbaiki kondisi berjerawat. Selain itu, produk susu dan juga makanan berlemak sebaiknya juga dihindari. Makanan-makanan ini dapat menyebabkan terjadinya peningkatan minyak dalam kelenjar sebasea kulit sehingga memicu terjadinya jerawat.
  • Konsumsi makanan yang mengandung omega 3 baik untuk menurunkan produksi leukotrien B4 yang berperan membuat wajah menjadi berminyak dan membuat jerawat meradang. Makanan seperti alpukat dan salmon kaya akan omega 3.
  • Makanan yang mengandung vitamin A seperti wortel, pepaya, labu, peach, dan lain sebagainya baik untuk kesehatan kulit. Vitamin A memiliki kerja mirip dengan retinol yang biasanya digunakan dalam pegobatan jerawat.
  • Buah-buahan seperti blueberry kaya akan antioksidan yang baik untuk mengatasi jerawat meradang.
  • Vitamin C seperti yang terkandung di dalam jeruk, anggur, nanas , kiwi  dan stroberi berfungsi untuk menjaga elastisitas dan peremajaan kulit sehingga baik untuk mencegah timbulnya jerawat dan mengatasi bekas jerawat.

Berikut kami sertakan beberapa artikel yang sekiranya dapat bermanfaat bagi Anda:

Demikian informasi yang dapat disampaikan. Semoga dapat bermanfaat.  (AAS)

Salam,

Tim Redaksi KlikDokter

0 Komentar

Belum ada komentar