Sukses

Anyang-ayangan & Nyeri Pinggang

21 Jan 2015, 09:48 WIB
Wanita, 30 tahun.

Mohon pencerahan nya, sy sempat sakit anyang2an sdh hampir 8hr, sembuh dtg lg, disertai meriang & nyeri pinggang seperti terkilir di sblh kiri. Memang kebetulan sy jg lg Mens (tp biasanya hr kram perut di hr2 pertama) skrg sdh hari ke5 . Sy berharap bkn penyakit yg serius (sy minum obat kejibeling & amoxsan 500mg 3x sehari selama 3hr). Terima kasih info nya...

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi Klikdokter. 

Kami memahami kekhawatiran yang Anda rasakan. Anyang-ayangan ketika BAK dan nyeri pada pinggang dapat merupakan pertanda adanya infeksi pada saluran kemih atau terdapat peradangan pada saluran kemih. Sejak kapan keluhan tersebut dirasakan? Apakah ada keluhan lain yang dirasakan seperti nyeri berkemih? bagaimana dengan nyeri pinggang yang Anda rasakan apakah seperti ditususk-tusuk atau keram?

Kami sarankan untuk berkonsultasi langsung ke dokter untuk evaluasi lebih lanjut agar mengetahui penyebab dari nyeri BAK yang Anda rasakan. Pengobatan akan disesuaikan dengan penyebab dari nyeri BAK yang Anda alami.

Apabila benar terdapat infeksi saluran kemih, maka dokter akan memberikan pengobatan antibiotik, serta mengevaluasi penyebab dasarnya untuk mencegah kekambuhan, apakah karena kurang minum, sering menahan kemih, infeksi kemaluan, batu saluran kemih, dsb. Adapun yang dapat Anda lakukan sendiri sebagai tindakan pencegahan adalah:

  • Konsumsi air putih dalam jumlah banyak setiap harinya (lebih kurang 1,5-2 liter/hari)

  • Hindarilah kebiasaan menahan kemih

  • Jagalah kebersihan daerah kemaluan

  • Hindari perilaku seksual tidak sehat, seperti berhubungan bebas. Berhubungan seksual secara bebas dapat meningkatkan risiko terjadinya penularan infeksi daerah kemaluan, diantaranya gonorea, sifilis, bahkan HIV AIDS.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat. (AAS)

Salam

Tim Redaksi Klikdokter

 

0 Komentar

Belum ada komentar