Sukses

Suplemen yang Mengandung Astaxanthin

23 Jan 2015, 22:07 WIB
Pria, 27 tahun.

Setelah membaca pembahasan mengenai kegunaan astaxanthin.. yang ingin saya tanyakan astaxanthin dapat di peroleh dimana.. selain mengkonsumsi salmon dan sebagainya.. terima kasih atas bantuannya.

dr. Nadia Octavia

Dijawab Oleh:

dr. Nadia Octavia

Terimakasih atas pertanyaan Anda.

Pada dasarnya yang terpenting dari tubuh dan kulit adalah agar tubuh dan kulit sehat. Untuk dukungan asupan makanan, yang terpenting adalah mengkonsumsi makanan seimbang nutrisi dan juga memperhatikan asupan anti-oksidan. Terdapat beberapa komponen atau indikasi kulit sehat:

  • Warna kulit rata, tidak ada bintik-bintik gelap.
  • Halus, tidak ada benjolan, jerawat, keriput, dll.
  • Tidak kering (terhidrasi)
  • Sensasi normal, tidak ada rasa gatal, panas, dll.

Pertama-tama kami akan jelaskan terlebih dahulu vitamin apa saja yang diperlukan oleh kulit diantaranya: vitamin A (dibutuhkan bila wajah terlihat mulai timbul garis-garis di wajah atau kerut di wajah), vitamin B (dibutuhkan agar kulit terlihat sehat dan lembab), vitamin C (menghambat tanda-tanda penuaan), vitamin E (melawan kekeringan pada kulit), vitamin K (untuk lingkaran hitam mata lebih bersinar).

Secara alami, vitamin-vitamin tersebut bisa didapatkan melalui konsumsi buah dan sayuran yang kaya akan antioksidan. Antioksidan dapat diperoleh dari berbagai sumber makanan seperti: buah, sayuran, seafood dan minyak. Antioksidan berfungsi untuk memerangi radikal bebas, yaitu molekul yang dapat merusak sel sehat. Selain vitamin-vitamin tersebut, antioksidan lainnya dapat berupa bentuk lainnya misalnya glutation, astaxanthin, collagen ataupun melatonin.

Astaxanthin adalah karotenoid yang dapat berfungsi sebagai antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Dapat ditemukan pada alga, salmon, lobster, dan lain-lain. Dalam kerajaan hewan, astaxanthin ditemukan dalam konsentrasi tertinggi pada otot salmon. Inilah menjadi sumber kekuatan dan daya tahan salmon untuk berenang melawan arus sungai dan air terjun selama berhari-hari.

Bagi manusia, astaxanthin adalah antioksidan kuat dengan implikasi kesehatan yang luas dan tidak seperti antioksidan lainnya, seperti beta karoten, zeaxanthin, vitamin E, C, D dan selenium, astaksantin tidak menimbulkan efek pro-oksidan pada tubuh. Astaxanthin dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan-kerusakan maupun penuaan.

Jika Anda kurang mendapatkannya dari asupan makanan sehari-hari, Anda bisa memperolehnya melalui tambahan suplemen. Terkait pertanyaan Anda mengenai merk suplemen tertentu, mohon maaf untuk menghindari adanya bias promosi dari suatu produk/institusi, kami tidak dapat menjawab pertanyaan Anda disini. 

Anda dapat membaca artikel kami yang membahas topik kulit sehat sebagai berikut:

Kiat Memperoleh Kulit Sehat

Pilihan Nutrisi Kulit Sehat

5 Cara Mudah Kulit Cantik Berseri

7 Makanan Untuk Kulit Sehat

Demikian penjelasan yang dapat kami berikan. Semoga membantu. (NO)

Salam kulit sehat,

Tim Redaksi KlikDokter

 

    0 Komentar

    Belum ada komentar