Sukses

Mencukur Kumis

23 Jan 2015, 14:24 WIB
Pria, 18 tahun.

Dok, saya seorang remaja, di umur 18 tahun ini saya sudah mulai tumbuh bulu kumis dan jenggot .. kira2 sudah 1 tahun dr awal tumbuh sampai sekarang saya belum mencukur nya tetapi lama2 kumis ini seperti tidak beraturan tumbuhnya.. apakah jika saya merapihkan nya/mencukur habis akan membuat kumis/jenggot saya yg tumbuh nanti akan tumbuh kembali tetapi keras? Sebenernya saya ingin membiarkan kumis/jenggot nya tumbuh alami dok, tetapi sekarang tumbuhnya ga beraturan/tidak rapih.. terima kasih dokter..

 

Terima kasih atas pertanyaan Anda.

Kumis adalah rambut yang tumbuh di atas bibir, di bawah hidung yang umumnya hanya tumbuh lebat pada laki-laki. Tumuhnya kumis, bulu ketiak, dan bulu pubis sendiri merupakan tanda pubertas sekunder atau pertumbuhan pada seorang pria di masa pubertas. Pertumbuhan rambut-rambut tersebut disebabkan oleh hormon testosteron atau hormon seksual yang terdapat pada pria. 

Anda dapat mencukur kumis secara teratur apabila Anda tidak menginginkan kumis tersebut terdapat pada wajah Anda. Untuk menghentikan pertumbuhan kumis secara permanen tentulah tidak mungkin karena secara alamiah hormon testosteron yang menyebabkan pertumbuhan kumis tersebut ada pada seorang pria untuk menjaga fungsi seksualitasnya. Namun ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan kumis seperti penggunaan laser, namun membutuhkan waktu yang cukup lama.  Untuk hal ini Anda dapat konsultasi ke dokter kulit dan kelamin. 

Demikian informasi kami sampaikan, semoga bermanfaat. (EA)

Salam,

Redaksi Klikdokter.

    0 Komentar

    Belum ada komentar