Sukses

Lidah Asam

21 Jan 2015, 10:57 WIB
Pria, 29 tahun.

dok sudah 3bulan,, lidah saya terasa asam yg amat sangat, terutama lidah sebelah kanan, dan ada sedikit jamur (atau apalah) saya coba gosok, tp ga mau ilang, terimakasih.

drg. Arni Maharani

Dijawab Oleh:

drg. Arni Maharani

Terima kasih telah menggunakan layanan e-konsultasi.

Saya turut prihatin atas kondisi yang Anda alami dan memahami kekhawatiran Anda. Lidah kita dapat berfungsi sebagai indera pengecapan dengan adanya ribuan tonjol-tonjol kecil yang disebut kuncup pengecap di permukaannya. Sensor rasa yang ada di lidah kita dapat membedakan rasa manis, asin, asam dan pahit.  Kemungkinan yang Anda alami adalah telah terjadi kerusakan pada kuncup pengecap di lidah Anda. Ada banyak faktor penyebab di antaranya adalah bagian dari penuaan, kebersihan mulut yang buruk, pasien yang mengalami xerostomia (mulut kering), pasien yang sedang menjalani kemoterapi, gangguan pada saraf wajah atau sedang mengkonsumsi obat tertentu atau kondisi lainnya.

Untuk saat ini beberapa hal yang dapat Anda lakukan adalah memperbanyak konsumsi air putih, dan menyikat lidah Anda saat menyikat gigi. Jika terasa sakit atau tidak nyaman menyikat lidah menggunakan sikat gigi, dapat menggunakan kain kasa yang diusapkan perlahan ke permukaan lidah. Untuk memastikan kondisi yang Anda alami ini apakah terkait dengan kelainan atau penyakit tertentu atau tidak maka tentunya memerlukan pemeriksaan lebih lanjut. Kami sarankan Anda berkonsultasi dengan dokter gigi spesialis penyakit mulut untuk pemeriksaan dan tatalaksana lebih lanjut.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat.

Salam,

0 Komentar

Belum ada komentar